Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN 8 Menteng

Authors

  • Roso Sugiyanto Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.859

Keywords:

Metode Mind Mapping, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar IPS pada pokok bahasan mempertahankan kemerdekaan Indonesia kelas V SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017. Adapun bentuk penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Dengan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Yang dilaksanakan pada kelas V B SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya. Data dikumpulkan menggunakan instrument berupa tes. Data hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistic uji-t dan menggunakan rumus regresi untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan metode mind mapping (peta pikiran). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor pretest sebesar 44,75 meningkat pada nilai posttest dengan nilai rata-rata sebesar 81,25. Berdasarkan perhitungan analisis statistik hasil dari uji-t yang diperoleh adalah Uji t yang dianalisis diperoleh thitung= 18,22, sedangkan ttabel = 2,022 dengan taraf signifikan 5% dan db(39). Kriteria hipotesis yang didapat bahwa thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan metode mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V B SDN 8 Menteng Kota Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Roso Sugiyanto, Universitas Palangka Raya

References

Cohen, J. (2006). Social, emotional, ethical, and academic education: creating a climate for learning, participation in democracy, and well-being. Havard Eductional Review. Volume. Seventy-Six, N0. 02. 2006.
Hergenhanhn, B.R., & Olson M.H. (1997). An introduction to theories of learning, (Fifth Edition). London: Prentice Hall International, Inc.
Huitt, W. (1992). Problem solving and decision making: Consideration of individual differences using the Myers-Briggs Type Indicator. Journal of Psychological Type, 24, 33-44. Atalanta: Retrieved February 1993, from http://chiron.valdosta.edu/whuitt/files/prbsmbti.html.
Naisbitt, J., & Patricia, A. (1990). Megatrends 2000: Ten New Directions for the 1990’s. New York: William Morrow and Company.
Wallace, B., & Bentley, R. (2002). Teaching thinking skills across the middle Years: A pratical approach for children aged 9-14. London: David Fulton Publishers.

Downloads

Published

2017-07-08

How to Cite

Sugiyanto, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN 8 Menteng. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2), 56–60. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.859