Studi Pengelolaan Tenaga Pendidik Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Di Kota Palangka Raya

Authors

  • Raden Biroum Bernandianto Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Vivi Friskila Angela Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pencerah.v6i1.959

Keywords:

Studi, Pengelolaan, Tenaga Pendidik, Implementasi, Manajemen

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Studi Pengelolaan Tenaga Pendidik Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Di Kota Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data primer yaitu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Ketua Komite Sekolah. Sumber sekunder berupa buku-buku, jurnal ilmiah, arsip dan dokumen.

Hasil penelitian Rekrutmen dan Penempatan Pendidik dimana Proses rekrutmen tenaga pendidik diawali dengan perencanaan yang matang. bahwa rekrutmen guru disesuaikan dengan kebutuhan mata pelajaran yang dilakukan pada tiap-tiap awal tahun ajaran.  Perekrutan guru sebagai tenaga pendidik tidak dilakukan setiap saat, karena komposisi guru sebagai tenaga pendidik yang tetap sudah ada dan cenderung tidak berubah. Pemberian Kompensasi Sistem pemberian kompensasi yang digunakan menggunakan sistem kompensasi secara finansial/langsung dan kompensasi non finansial/tidak langsung. Sistem kompensasi secara finansial/langsung diberikan berupa gaji pokok. Sedangkan kompensasi non finansial/kompensasi tidak langsung diberikan berupa tunjangan. Pola pembinaan dan pengembangan yang terstruktur belum Nampak dilakukan oleh sekolah yang menjadi lokasi penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak terdapat aturan baku terkait pelepasan dan pemberhentian tenaga pendidik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Raden Biroum Bernandianto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Vivi Friskila Angela, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.
David, R. Fred. 2004. Konsep Manajemen Strategis, Edisi VII (terjemahan). Jakarta, PT Indeks.
Fattah, Nanang. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah. Bandung: CV Pustaka Bani Quraisy.
Ibnu Hajar A, Aan Komariah, dan Dedy Achmad K. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Analisis Deskriptif Implementasi manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 2 Indramayu”. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 1 Nomor 1. 2014. Hlm : 3.
Ismail, M. Yusanto. 2003. Pengantar Manajemen Syariat, Cetakan II. Jakarta. Khairul Bayan.
Murniati. 2008. Manajemen Stratejik. Peran Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Rosmalah. “Hakikat Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah”. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. VI Nomor 1. 2016. Hlm : 66.
Sagala, Syaiful. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat: Strategi Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta. PT Nimas Multima.
Suparlan. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah dari Teori sampai dengan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Syafaruddin. 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cetakan I. Jakarta: Ciputat Press.
Wirio, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Ardazya Jaya.

Downloads

Published

2019-01-07

How to Cite

Bernandianto, R. B., & Angela, V. F. (2019). Studi Pengelolaan Tenaga Pendidik Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Di Kota Palangka Raya. Pencerah Publik, 6(1), 11–14. https://doi.org/10.33084/pencerah.v6i1.959