UPAYA SWAMEDIKASI DENGAN TANAMAN OBAT PADA KELOMPOK IBU-IBU PKK DI KELURAHAN KALAMPANGAN

Swamedication Effort with Medicine Plants on Member Group of PKK in Kalampangan Regency

  • Maryani Maryani Universitas Palangka Raya
  • Rosdiana Rosdiana Universitas Palangka Raya
Keywords: swamedikasi, jamu, tanaman obat, beras kencur, kunyit asam

Abstract

Pembinaan terhadap ibu-ibu PKK di Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya untuk meningkatkan pengetahuan dalam upaya melakukan swamedikasi dengan tanaman obat adalah dengan menyelenggarakan tiga jenis pelatihan yang berkaitan dengan swamedikasi menggunakan tanaman obat dan melakukan pemantauan terhadap kegiatan yang dilakukan. Manfaat yang diperoleh dari hasil kegiatan adalah meningkatnya keterampilan dan pengetahuan ibu-ibu PKK dalam mengenal jenis tanaman obat, penguasaan teknis pembuatan dua jenis ramuan jamu, yaitu jamu beras kencur, kunyit asam, dan penguasaan terhadap teknis pembuatan kompos organik dengan bahan dari limbah rumah tangga. Selanjutnya dilakukan pula monitoring dan evaluasi terhadap pelatihan yang telah dilakukan dengan kunjungan dan wawancara. Hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan konsumsi beras kencur dan kunyit asem dalam keluarga dan dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan warga. Transfer ilmu tentang manfaat jenis-jenis tanaman obat keluarga yang ada di lingkungan sekitar dan pembuatan jamu juga telah terjadi dari ibu-ibu peserta pelatihan kepada warga yang tidak mengikuti pelatihan secara informal. Tanaman obat yang dibagikan kepada peserta pelatihan saat kegiatan pengabdian dilakukan juga masih terpelihara dengan baik di pekarangan rumah. Secara keseluruhan kegiatan pemberdayaan pada kelompok ibu-ibu PKK Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau Kota PaLangka Raya Kalimantan Tengah telah berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Maryani Maryani, Universitas Palangka Raya

Lecturer of Fisheries

Universitas Palangka Raya

Rosdiana Rosdiana, Universitas Palangka Raya

Lecturer of Forestry

Universitas Palangka Raya

References

Aziz SA, Ghulamahdi M. 2001. Standarisasi teknologi penyediaan bahan tanaman obat. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Dalimartha S. 2003. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 3. Jakarta (ID): Puspa Swara.
Dalimartha S. 2008. 1001 Resep herbal. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.
Dalimartha S. 2008. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 5. Jakarta (ID): Puspa Swara.
Hariana, A. 2011. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Penebar Swadaya. Jakarta.
Pusat Studi Biofarmaka. 2003. Panduan Pelatihan Tanaman Obat Tradisional (Swamedikasi): Pengobatan Penyakit Diabetes Mellitus. Bogor (ID): Pusat studi Biofarmaka, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor.
Winkanda SP. 2013. Sehat dengan herbal tanpa Dokter. Yogyakarta (ID): Citra Media.
Zein, U. 2005. Pemanfaatan Tumbuhan Obat dalam Upaya Meningkatkan Pemeliharaan Kesehatan. USU Repository. Medan.
Published
2018-03-01
How to Cite
Maryani, M., & Rosdiana, R. (2018). UPAYA SWAMEDIKASI DENGAN TANAMAN OBAT PADA KELOMPOK IBU-IBU PKK DI KELURAHAN KALAMPANGAN. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 27-33. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v3i1.24