Evaluasi Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali Dalam Menanggulangi COVID-19 Di Kota Denpasar

  • Ketut Riris Pundarini Dewi Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
  • I Nyoman Sunarta
Keywords: Covid-19, Kebijakan Pemerintah, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menjadi masalah di hampir semua negara di dunia. Pemerintah Indonesia telah menetapkan kedaruratan kesehatan masyarakat terkait Covid-19. Dalam hal ini, Pemerintah Kota Denpasar memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat merupakan langkah strategis yang dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kebijakan PPKM Darurat Jawa-Bali dalam penanggulangan wabah Covid-19 di Kota Denpasar. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber-sumber data yang berasal dari jurnal ilmiah, literatur buku, situs web resmi yang yang kemudian digambarkan melalui teknik deskriptif analisis yang dilakukan secara menyeluruh untuk memberikan suatu pemahaman mengenai fenomena yang di alami oleh subjek penelitian yaitu menggambarkan evaluasi penerapan kebijakan PPKM Darurat di Kota Denpasar. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan kebijakan PPKM Darurat Jawa-Bali di Kota Denpasar meliputi beberapa hal yaitu sektor esensial 50% WFO dengan pengetatan prokes, sektor kritikal diperbolehkan 100% WFO dengan pengetatan prokes, supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan kapasitas pengunjung maksimal 50% dan jam operasional sampai pukul 20.00. Penerapan kebijakan PPKM dalam penanggulangan wabah Covid-19 di Kota Denpasar sudah berjalan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astariyani, N.L.G., Arjani, N.L., Dewi, C.I.D.W.P. (2020). Pengaturan Pengarusutamaan Gender Sebagai Bentuk Siklus Perencanaan Pembangunan Bali. Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENASTEK).
Balipost. (2021). Hari Pertama Pemberlakuan PPKM Denpasar, Pemeriksaan Digelar di 8 Titik Pintu Masuk. Retrievedifrom http://www.balipost.com/news/.
Harahap, D. A., & Bandung, U. I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Menangani Pandemi COVID-19 dan Tren Pembelian inline.(April).https://doi.org/10.13140/RG.
Kompas. (2021). PPKM Denpasar Hari Pertama, Terjadi Penumpukan Kendaraan, 100 Pengendara Diminta Putar Balik. Retrieved from https://regional.kompas.com/read/.
Peraturan Wali Kota Denpasar Nomor 32 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan masyarakat Di Desa, Kelurahan dan Desa Adat dalam Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
Suni, N. S. P. (2020). Kesiapsiagaan Indonesia Menghadapi Potensi Penyebaran Corona. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, XII (3), i13–18. Diterbitkan, Ciamis: Program Pascasarjana FISIP UNIGAL.
Zahrotunnimah, Z. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona COVID-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3).https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.1513.
Published
2021-10-05
How to Cite
Dewi, K. R., & Sunarta, I. (2021). Evaluasi Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali Dalam Menanggulangi COVID-19 Di Kota Denpasar. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 7(2), 11 - 20. https://doi.org/10.33084/restorica.v7i2.2585