Analisis Implementasi Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Denpasar

  • NI Komang Yulia Narmaningsih Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
  • I Nyoman Sunarta Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh, Pendidikan, COVID-19

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah pada masa pandemi Covid-19 mempunyai banyak permasalahan yang dihadapi. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia mengharuskan mengambil sikap dalam mencegah penularan yang lebih luas, termasuk sektor pendidikan.Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) dan Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Bali Nomor 51/SatgasCovid19/III/2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Provinsi Bali kepada seluruh Satuan Pendidikan di Provinsi Bali. Penelitian ini mengkaji pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa pandemi Covid-19 berkaitan dengan kebijakan pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan secara nyata motivasi belajar para pelajar dalam pembelajaran selama masa pandemi Covid-19, dengan harapan penelitian ini menjadi bahan evaluasi bagi pemegang kebijakan instansi pendidikan dalam menciptakan pembelajaran daring yang lebih efektif guna meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode survey untuk membuat generalisasi dari sebuah pengamatan dan hasilnya akan lebih akurat dimana data diambil dalam kondisi yang tidak terkontrol/alamiah namun ada perlakuan dalam pengumpulan data yakni dengan menyebar kuesioner. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19 ini menimbulkan berbagai tanggapan dan perubahan pada sistem belajar yang dapat mempengaruhi proses pemebelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Faizin dan David Efendi, Membaca Korona: Esai-esai Tentang Manusia, Wabah, Dan Dunia, 2020, Gresik: Caremedia Communication, h. 50-52.
Albert Efendi Pohan, S.P.M.P. KONSEP PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Penerbit CV. SARNU UNTUNG, n.d.
Arifa, F.N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, XII, No. 7/I/Puslit/April/2020.
Azzahra, N.F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Center for Indonesian Policy Studies (CIPS).
Jaelani, A., dkk. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka Dan Observasi Online). Jurnal IKA, Vol. 8 No. 1, Juni 2020
Kusnandar, I. (2012). Analisis Kebijakan Publik. Multazam.
L, IDRUS, ‘Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran’, Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9.2 (2019), 920–35 https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427
Majid, Abd, Analisis Kebijakan Pendidikan, ed. by Alviana Cahyanti, 1st edn (Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru, 2018) www.samudrabiru.co.id
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Munadi Y. (2010). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gaung Persada Press.
Saleh, AM. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan di tengah Pandemi dan dampaknya terhadap proses pembelajaran di Indonesia. Makassar : Universitas Islam Negeri Makassar
Subarsono, A. G. (2005). Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar.
Published
2021-10-14
How to Cite
Narmaningsih, N. K., & Sunarta, I. (2021). Analisis Implementasi Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Denpasar. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 7(2), 28 - 33. https://doi.org/10.33084/restorica.v7i2.2599