Konstruksi Realitas Program Acara Mata Najwa Trans7 (Analisis Framing Robert N. Entman pada Acara Mata Najwa Edisi UU Omnibus Law Cipta Kerja)

  • Megi Ariansyah Universitas Lampung
Keywords: Talkshow, Framing, Konstruksi Realitas

Abstract

Saat ini banyak sekali muncul talkshow-talkshow di televisi. Konsep talkshow pun sangat beragam. Salah satunya konsep talkshow Matanajwa ini merupakan Talkshow yang mengangkat suatu peristiwa atau isu. Setiap edisinya pun memiliki tema yang sangat beragam salah satunya “UU Omnibus Law Cipta Kerja” yang mengangkat sebuah berita atau peristiwa yang ramai diperbincangkan. Jurnal ini meneliti tentang bagaimana konstruksi realitas pada talkshow Matanajwa edisi “UjianReformasi” di Trans7. Penelitian ini mengggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis framing model Robert N. Entman.Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah video talkshow Matanajwa edisi “UU Omnibus Law Cipta Kerja” yang juga digunakan penelitian sebagai data. Hasil penelitian ini menunjukan sudut pandang bahwa program talkshow Matanajwa melihat peristiwa demontrasi mahasiswa terhadap undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja ini sebagai bentuk perjuangan mahasiswa demi mewakilkan suara rakyat. Secara garis besar dari segment yang dianalisis, hampir keseluruhan segmen yang ditampilkan oleh Matanajwa cenderung menampilkan citra negatif DPR dan memandang tindakan atau sikap pihak pemerintah sebagai penyebab masalah baik melalui prolog narasi, pertanyaan yang diajukan dan tayangan yang ditampilkkan. Matanajwa yang kini tayang di Trans7, terlihat tunduk pada kepentingan modal atau pasar, dan dari sisi realitas Matanajwa membuat konstruksi realitas keberpihakan pada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Karlina, S. 2007. Komunikasi Massa. Bandung; Rekatama Media.
Burhan. 2015. Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Onong Uchnaja. 1993. Ilmu, Teori & Filsafat; Citra Aditya Bakti.
Onong Uchnaja. 2002. Dinamika Komunikasi (Edisi IV). Remaja Rosdakarya
Eriyanto. 2002. (Konsruksidan Politik Media). LKiiS.
Ikbar, Yanuar. 2012. Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: PT Rapika Aditama.
Rachmat. 2006. Riset Komunikasi. Jakarta: Media Group.
Moeleong.2007. penelitian kualitatif (Cet. V). Remaja Rosdakarya.
Nurhadi, Zikri Fachrul. 2015. Teori Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Ghalia Indonesia. Ruslan, Rosady.
2008. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tamburaka, Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa. Jakarta; Rajawali Pers
Nastiti, R. 2018. Konstruksi Diskriminasi Perempuan Dalam Pemberitaan Criminal Kompas.Com (Analisis Framing Robert Etmant). http://repositori.uinalauddin.ac.id/12651/1/KONSTRUKSI%20DISKRIMINASI%20PEREMPUAN%20DALAM%20PEMBERITAAN%20KRIMINAL%20DI%20KOMPAS.pdf (3 Oktober 2019)
Faisal, F. 2017. (PROGRAMBREAKINGNEWS) http://repository.UINalauddin.ac.id/12720/1/FAISALKonstruksi%20berita%20aksi%20212.pdf (3 Oktober 2019).
Rizal, M. 2013. Analisis Program Mata NajwaEpisode Sengketa Iman DiMetroTV. (3 Oktober 2019).“Analisis Frame Pemberitaan Di Media Online (Studi Kasus Pada Pemberitaan Penyerangan Novel Baswedan Dengan Air Keras Di Media Detik.Com)”, SKRIPSI, FISIP UNBARA, Baturaja, 2018. https://id.wikipedia.org/wiki/Najwa_Shihab
Published
2021-10-27
How to Cite
Ariansyah, M. (2021). Konstruksi Realitas Program Acara Mata Najwa Trans7 (Analisis Framing Robert N. Entman pada Acara Mata Najwa Edisi UU Omnibus Law Cipta Kerja). Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 7(2), 51 - 56. https://doi.org/10.33084/restorica.v7i2.2678