Uji Efektifitas Antipiretik Ekstrak Daun Tapak Dara (Catharantus roseus) dan Rebusan Buah Cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl.) pada Mencit Jantan (Mus Musculus)

Antipyretic Effectiveness Test of Tread Leaf Extract (Catharantus roseus) and Javanese Chili (Piper retrofractum Vahl.) Stew on Male Mice (Mus Musculus)

  • Densi Selpia Sopianti Akademi Farmasi Al-Fatah Bengkulu
Keywords: Daun Tapak Dara, Buah Cabe Jawa, Mencit, Antipiretik

Abstract

Berbagai tanaman obat yang ada disekitar kita memiliki potensi sebagai obat penurun panas (antipiretik) antara lain yaitu daun tapak dara (Catharanthus roseus) yang mengandung flavonoid dan buah cabe jawa (Piper retrofractum Vahl) yang mengandung piperine.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek antipiretik ekstrak daun tapak dara (Catharanthus roseus) dan buah cabe jawa (Piper retrofractum Vahl) pada mencit (Mus musculus) dan membandingkan efek antipiretik dengan parasetamol. Penelitian ini menggunakan 20 ekor mencit dan dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok kontrol negatif Na CMC 1%, kelompok kontrol positif Parasetamol, kelompok perlakuan dengan ekstrak daun tapak dara dan kelompok perlakuan dengan rebusan buah cabe jawa. Setiap mencit dilakukan pengukuran suhu tubuh awal lalu diinjeksikan vaksin Dpt Hb, 2 jam setelah itu diberi zat uji lalu di ukur kembali suhu tubuh mencit tiap 30 menit sekali selama 180 menit. Hasil penelitian dianalisa menggunakan SPSS dengan uji statistic One Way Anova terdapat perbedaan yang bermakna (signifikan) pada data dengan sig p<0,05. Penelitian ini membuktikan bahwa ekstrak daun tapak dara (Catharanthus roseus) dan buah cabe jawa (Piper retrofractum Vahl) mempunyai efek antipiretik pada mencit (Mus musculus), namun efeknya lebih rendah bila dibandingkan dengan parasetamol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ermawati, E.F. 2010. Efek Antipiretik Ekstrak Daun Pare (momordica charantia l.)Pada Tikus Putih Jantan. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Gemilang. J. 2013. Kasiat Selangit Daun-daun & Buah-buah Ajaib Tumpas Beragam Penyakit Berbahaya. Araska ; Yogyakarta.
Hariana. A, 2006, Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, seri 3, Penebar Swadaya, Jakarta.
Setiawan, 1999, Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 1, Trubus Agriwisya & Anggota Ikapi, Jakarta.
Hayati.Jannah dan Ningsih. 2012. Ilmu Obat Alam, PenerbitSwadaya, Yogyakarta.
Yuniarti. I. 2008. Pengaruh Pemberian Berbagai Dosis Dekok Daun Sambiloto (Andrographis paniculata Ness) Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Tikus Putih (Rattus norvegicus) Jantan yang Didemamkan. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.Skripsi.
Published
2016-09-01
How to Cite
Sopianti, D. S. (2016). Uji Efektifitas Antipiretik Ekstrak Daun Tapak Dara (Catharantus roseus) dan Rebusan Buah Cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl.) pada Mencit Jantan (Mus Musculus). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Kesehatan, 1(1), 120-123. Retrieved from http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/snik/article/view/1221