Determinan Depresi Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya

Determinants of Elder Depression at Tresna Werdha Sinta Rangkang Social Institution in Bukit Batu Subdistrict, Palangka Raya City

  • Fetty Rahmawaty Poltekkes Kemenkes Palangka Raya
  • Berthiana Berthiana Poltekkes Kemenkes Palangka Raya
Keywords: Depresi, Lansia

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk lansia sebagai konsekuensi dari peningkatan usia harapan hidup. Peningkatan usia harapan hidup tentunya berdampak lebih banyak terjadinya permasalahan pada lansia. Depresi merupakan salah satu gangguan mental pada lanjut usia dimana prevalensinya bertambah seiring meningkatnya usia seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Sinta Rangkang Bukit Batu Palangka Raya serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 45 lansia yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Variabel yang diteliti adalah usia, jenis kelamin, lama tinggal di panti, riwayat kesehatan (hipertensi/tidak), dan kunjungan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang Bukit Batu Palangka Raya yang tertinggi terjadi pada usia 75-90 tahun yaitu sebanyak 4 orang (23,5%), jenis kelamin yang terbanyak adalah laki-laki sebanyak 5 orang (19,2 %), berdasarkan lama tinggal di panti yang terbanyak adalah 1-5 tahun sebanyak 5 orang (29,4%), dilihat dari kunjungan keluarga yang terbanyak adalah pernah dikunjungi sebanyak 5 orang (22,7%), dilihat dari riwayat kesehatan lansia yang terbanyak adalah lansia dengan hipertensi sebanyak 5 orang (26,3%). Diharapkan PSTW Sinta Rangkang Bukit Batu Palangka Raya agar dapat meningkatkan kesejahteraan pada lansia sehingga lansia dapat terhindar dari stresor-stresor yang dapat menyebabkan terjadinya depresi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnil, Edwin Nurdin. (2011), Tumbuh Kembang Perilaku Manusia. Jakarta, Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Amir, N. (2005), Depresi : neurobiology, diagnosis, tata laksana. Jakarta :Balai Penerbit FKUI.
Andarmoyo, Sulistyo. (2012). Keperawatan Keluarga : Konsep Teori, Proses dan Praktik Keperawatan. Yogyakarta, Graha Ilmu.
Budiharto. (2008). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Carol. (2007). Psikologi. Jakarta, Erlangga.
Das J, Farzana. (2012). Factors associated with elderly depression among rural Bangladeshi individual. American Journal of Psychiatry and Neuroscience, 2(1),1-7.
Depkes. (2003). Data Penduduk Sasaran Program Pembangunan Kesehatan Tahun 2011-2013, Depkes, Jakarta, http://www.depkes.go.id. [10 September 2014].
Efendi, Ferry Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas : Teori dan Praktik Dalam Keperawatan. Jakarta, Salemba Medika.
Friedman, Marilyn M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga : Riset, Teori & Praktik. Jakarta, Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Haryono. (2012). Lansia Perlu Perhatian. Kementerian Koordinasi Badan Kesra,Jakarta. http://www.menkokesra.co.id.[3 September 2014]
Hawari, Dadang. (2007). Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Jakarta, Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Hidayat, Aziz. (2009), Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis. Jakarta : Salemba Medika.
Kementerian PP & PA. (2010). Penduduk Usia Lanjut, Kementerian PP & PA, Jakarta. http://www.menegpp.go.id.[ 10 September 2014]
Komnas Lansia. (2009). Penuaan Penduduk Indonesia. Komnas Lansia, Jakarta. http://www.komnas.go.id.[3 September 2014]
Menkokesra. (2012). Lansia masa kini dan mendatang. http://oldkesra.menkokesra.go.id. [15 Oktober 2014].
Narulita, R. (2009). Perbedaan Tingkat Depresi antara Lansia yang Memiliki Keluarga dengan Lansia yang Tidak Memiliki Keluarga di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur Bantul. Mutiara Medika, 2,101-107.
Nugroho, Wahjudi. (2008). Keperawatan Gerontik & Geriatrik. Jakarta, Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Nursalam. (2009). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu KeperawatanPedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta, Salemba Medika.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2010), Metodelogi Penelitian Kesehatan, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Profil Kesehatan Kalimantan Tengah Tahun 2010-2012 (database), Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, annual updating.
Profil Kesehatan Kota Palangkaraya Tahun 2010-2012 (database), Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya, annual updating.
Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta, Graha Ilmu.
Stanley, Mickey. (2006). Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Sunaryo. (2004), Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Published
2016-09-01
How to Cite
Rahmawaty, F., & Berthiana, B. (2016). Determinan Depresi Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Kesehatan, 1(1), 137-149. Retrieved from http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/snik/article/view/1223