Pendekatan Client Centered Untuk Membantu Mencapai Aktualisasi Diri Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Palangkaraya

Client Centered Approach To Help Achieve Self-Actualization Of Students In SMA Negeri 1 Palangkaraya

Authors

  • Petronela Anyela Pa’o

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1107

Keywords:

Pendekatan Client Centered, Aktualisasi Diri

Abstract

Pendekatan Client Centered untuk Membantu Peserta Didik Mencapai Aktualisasi Diri pada Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh Pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan client centered dalam membantu untuk mencapai Aktualisasi Diri pada peserta didik di SMA Negeri 1. (2) Untuk mengetahui ada perubahan setelah diberikan layanan Pendekatan Client Centered dalam membantu untuk mencapai perilaku aktualisasi diri pada peserta didik.Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan Mix Methoddengan bentuk strategi eksploratoris sekuensial.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMA Negeri 1 Palangka Raya yang berjumlah 1488 orang dengan sampel 3 orang peserta didik yang teredentifikasi memiliki pengelolaan aktualisasi diri rendah. Data dianalisis dengan uji test menggunakan aplikasi software spss versi 22.00. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, skala aktualisasi diri dan dokumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhan Bugin. 2010. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rajagfindo Persada
Carl Rogers dalam (Matthewh & Hergenhahn). 2013. Pengantar teori-teori kepribadian edisi ke-8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Corey dalam (Latipun). 2003. Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Dr. S. Azwar, 2015. Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Hardiyanti Rahmah dan Nida Hasanati. 2016. Konseling Client-Centered untuk Meningkatkan Kesadaran Berobat pada Penderita Skizofrenia. Universitas Muhammadiyah Malang ISSN
John W. Creswell. 2010. Research Design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. (terjemahan Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (buku asli diterbitkan tahun 2009).
Maslow dalam (Lynn Wilcox). 2013. Psikologi Kepribadian. Jogjakarta: Irgisod
Maslow dalam (Matthewh & Hergenhahn).(2013). Pengantar Teori-Teori Kepribadian Edisi ke-8. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Menurut Rogers yang dikutip oleh (Gerald Corey). (2009). Teori dan praktek konseling dan psikoterapi, bandung : PT. Refika Aditama
Prayitno dalam (prof Dharsana dkk, 2009. Penerapan Konseling Client Centered dengan teknik permisif untuk meningkatkan harga diri siswa kelas X IIS 2 SMA NEGERI 2 SINGARAJA.E-journal Undiksa Volume: 2 No 1, Tahun 2009.
Prayitno dan Erman Amti .(2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2019-09-18

How to Cite

Anyela Pa’o, P. (2019). Pendekatan Client Centered Untuk Membantu Mencapai Aktualisasi Diri Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Palangkaraya: Client Centered Approach To Help Achieve Self-Actualization Of Students In SMA Negeri 1 Palangkaraya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 49–53. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1107