Tingkat Keterampilan Dasar Konseling Peserta Pendidikan Profesi Guru Bimbingan Dan Konseling

The Basic Counseling Skills Level for Participants in the Guidance and Counseling Teacher Professional Development Program

Authors

  • Juster Donal Sinaga

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1108

Keywords:

Keterampilan Dasar Konseling, Guru BK/Konselor Sekolah, PPG

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  (1)  menemukan gambaran empirik pengusaan keterampilan dasar konseling guru Bimbingan dan Konseling (BK)/konselor sekolah peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Angkatan I Tahun 2019 pada tiga Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)  di Yogyakarta; (2) menganalisis keterampilan-keterampilan dasar konseling yang dikuasai oleh guru-guru BK/konselor sekolah peserta PPG Angkatan I Tahun 2019 pada tiga LPTK  di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh peserta PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2019 pada tiga LPTK di Yogyakarta yang berjumlah 128 guru. Sampel penelitian berjumlah 32. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan teknik persentase kategorisasi, yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 19  (59,37%) guru BK/konselor sekolah peserta PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2019 pada tiga LPTK di Yogyakarta memiliki pengusaan keterampilan dasar konseling kategori sangat tinggi, 12 (37,5% berada pada kategori tinggi, 1 (3,12%) berada pada kategori sedang, dan dan tidak ada yang berada pada kategori rendah, dan sangat rendah. Ditinjau dari analisis per keterampilan, keterampilan dasar konseling yang paling rendah dikuasai oleh para guru dengan kategori sangat tinggi adalah keterampilan dasar kenseling memberi respon (responding), yaitu sebesar  (59,37%), sedangkan keterampilan yang lainnya mencapai 75%-87%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Autordutanews. (2017). Prof Mungin: Indonesia Kekurangan Guru BK. http://www.dutanews.net/2017/08/07/prof-mungin-indonesia-kekurangan-guru-bk/
Anjar, Tri (2017). “Pengembangan instrumen keterampilan dasar konseling Pada Mahasiswa Calon Konselor”. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Volume 3 Nomor1. Hal: 74-81
Antony, D. John. (2003). Kills Of Counselling, Microskill Model. Tamilnadu: Anugraha Publications.
Azwar, Saifuddin. (2013). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, Saifuddin. (2005). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Carhkuff, Robert R (2011). The Art of Helping. 9th Edition. Amherst: Possibilities Publishing.
Cormier, Sherry. (2017). Strategi Intervensi Konseling Bagi Konselor. Edisi ke-9. Diterjemahkan oleh: Annisa Nuriowandari. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deputi Menteri Sekretaris Negara Bidang Perundang-Undangan. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Ad Interim.
Egan, Gerard. (2014). The Skiller Helper. United States: Brokks/Cole Cengage Learning
Fatchurahman, M. (2017). “Problematik Pelaksanaan Konseling Individual”. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman Volume 3, Nomor 2. Hal: 25-30.
Hartono & Soedarmadji. (2013). Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Hastuti, M.M Sri & Juster Donal Sinaga. (2016). “Kesulitan-kesulitan Peserta Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru BK Memperoleh Kompetensi Pedagogi dan Profesional Ditinjau dari Jenjang Sekolah dan Masa Kerja”. Wydia Dharma, Jurnal Kependidikan. Volume 28, Nomor 2. Hal: 221-244.
Hidayah, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Mengembangkan Mind Competence Calon Konselor. Laporan penelitian. Tidak diterbitkan. Malang: LPPM UM.
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (2017). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2017 Tentang Standar Pendidikan Guru. Jakarta: Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konselingpada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusmaryani. (2010). “Penguasaan Keterampilan Konseling Guru Pembimbing di Yogyakarta”. Jurnal kependidikan. Volume 40, Nomor 2. Hal: 175-188.
Kusmaryani, Rosita E, Rita Eka Izzaty, Agus Triyanto. (2014). Modul Keterampilan Konseling. Yogyakarta: UNY Press.
Lianawati, Ayong. (2017). “Implementasi Keterampilan Dasar Konseling dalam Layanan Konseling Individual di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto”. HELPER, Jurnal Bimbingan dan Konseling .Volume. 34, Nomor 2. Hal: 73-79.
Mappiare, Andi. (2002). Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Mulawarman (2017). Buku Ajar Pengantar Keterampilan Dasar Konseling bagi Konselor Pendidikan. Semarang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Nelson-Jones, Richard. (2005). Practical Counselling and Helping Skills. London: SAGE Publications.
Nurbaity Bustamam (2016). SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling. Universitas Syiah KualaVolume 1, Nomor 1. Hal: 27-35.
Nurihsan, Achmad Juntika. (2005). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Refika
Prayitno & Erman Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Supriyo dan Mulawarman. (2006). Keterampilan Dasar Konseling. Semarang : UNNES
Tohorin. (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Depok: Rajawali Press.
Wardhani1, Nurnaifah Selvia, Euis Farida, Eka Sakti Yudha. (2019). Profil Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Bimbingan dan Konseling di Kota Bandung. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2019, Vol. 3 No. 2, Hal: 147-154.
Willis, Sofyan S. (2004). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung : Cv Alfabeta.
Winkel, W.S & M.M Sri Hastuti. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2019-09-18

How to Cite

Donal Sinaga, J. (2019). Tingkat Keterampilan Dasar Konseling Peserta Pendidikan Profesi Guru Bimbingan Dan Konseling: The Basic Counseling Skills Level for Participants in the Guidance and Counseling Teacher Professional Development Program. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1108