Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Kartika III-1 Banyubiru

Effectiveness Of Group Guidance Services Using Problem Solving Techniques To Improve Self Regulation In Learning Students In Grade XI IPS-1 Students Of SMA Kartika III-1 Banyubiru

Authors

  • Ayu Noviatus Sa’adah Universitas PGRI Semarang
  • Retnaningdyastuti MA Universitas PGRI Semarang
  • Primaningrum Dian M Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1308

Keywords:

Regulasi Diri Dalam Belajar, Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan regulasi diri dalam belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving pada siswa kelas XI IPS-1 SMA Kartika III-1 Banyubiru. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, dengan desain true eksperimental pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 IPS-1 yang berjumlah 184 siswa. Sampel yang digunakan terdiri dari satu kelas yaitu kelas X1 IPA-3 dan kelas X1 IPS-1 28 siswa yang dibagi menjadi dua yaitu 14 kelompok eksperimen dan 14 kelompok kontrol.Teknik yang digunakan yaitu cluster random sampling. Hasil pre-test menunjukkan adanya presentase kelompok eksperimen skor rata-rata 60 dan kelompok kontrol 60,5 sedangkan hasil post-test menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 72 dan kelompok kontrol sebesar 60,2143. Terjadi peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 11,7857. Berdasarkan dari hasil perhitungan pada ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 14+ 14-2= 26, α 5% yaitu 2,056 Dari perhitungan di peroleh thitung = 7,166 > 2,056 sehingga H0 ditolak artinya “layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif dalam meningkatkan regulasi diri dalam belajar siswa kelas XI IPS-1 SMA Kartika III-1 Banyubiru”.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ayu Noviatus Sa’adah, Universitas PGRI Semarang

Retnaningdyastuti MA, Universitas PGRI Semarang

Primaningrum Dian M, Universitas PGRI Semarang

References

Afrom, I. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Pendidikan Seni Drama di PRODI PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2):12-17.
Chairani, Lisya dan Subandi, M.A. 2010. Psikologi Santri Penghafal Al-Qur’an; Peranan Regulasi Diri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Irham, Muhamad dan Wiyani, Novan Ardy. 2017. Psikologi Pendidikan; Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Jailani, Muhammad, dkk. 2017. Pengaruh kewirausahaan, motivasi belajar, sosial ekonomi orang tua dan self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa. Journal of Economic Education, 6(1):52-59.
Karyanti & Naily Arifah. 2017. Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama untuk Mengurangi Perilaku Agresif. UWAIS Inspirasi Indonesia. (1):179
Mahmud, M Dimyati. 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Najmah, Shifa. 2015. “Peningkatan Self Regulation dengan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMPIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung 2015/2016”. Bandar Lampung : Universitas Lampung. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/download/12084/8662. Diunduh Pada Tanggal 09 Januari 2019 Pukul 16:35 WIB.
Octheria Friskilia S, Hendri Winata. 2018. “Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Self Regulated As Predictors Of Student Achievement At Vocational HighSchool)”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.1 No.2 Hal. 37-44. Tahun 2018. Bandung. http://journal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/9454. Diunduh Pada Tanggal 19 November 2018 Pukul 12:37 WIB.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2):1-5
Setiawan, MA. 2017. Belajar dan Pembelajaran. UWAIS Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-03-18

How to Cite

Noviatus Sa’adah, A., MA, R., & Dian M, P. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Kartika III-1 Banyubiru: Effectiveness Of Group Guidance Services Using Problem Solving Techniques To Improve Self Regulation In Learning Students In Grade XI IPS-1 Students Of SMA Kartika III-1 Banyubiru. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 11–19. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1308