Upaya Mereduksi Prokrastinasi Akademik Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita

Efforts To Reduce Academic Procrastination Through Group Conceling With Reality Approach

Authors

  • Rohi Triyadi Universitas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • Tri Hartini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1311

Keywords:

Konseling Kelompok, Realita, Prokrastinasi Akademik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang sering menunda-nunda tugas, tidak suka pelajaran , berpikiran waktu masih lama sering bermain game, dan bermain media sosial sehinggi mengakibatkan penundaan tugas. Prokrastinasi akan mengakibatkan penurunannya prestasi yang diraih oleh siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design dengan model pre-test post-test control group design.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Pemalang. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis presentase dengan Uji t (t-test).Hasil analisis skala prokrastinasi kelompok eksperimen dengan menggunakan uji-t hasil post-test menunjukan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 65% dan kelompok kontrol 70,75%. Sehingga terjadi penurunan rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 5,75. Pada penghitungan uji-t diperoleh hasil thitung (3,58) > ttabel (2,14), maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik realita untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA N 3 Pemalang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rohi Triyadi, Universitas PGRI Semarang

Dini Rakhmawati, Universitas PGRI Semarang

Tri Hartini, Universitas PGRI Semarang

References

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teknik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Asri, D. N. (2018). Prokrastinasi Akademik. Madiun Jawa Timur: Unipma Press.
Hidayah, N., & Atmoko, A. (2014). Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan. Malang: Gunung Samudra
Karyanti & Naily Arifah. 2017. Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama untuk Mengurangi Perilaku Agresif. UWAIS Inspirasi Indonesia. (1):179
Kurnanto, E. (2013). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.
M, & Ghufron, .Nur. (2017). teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Muwarto (2016) efektifitas konseling kelompok dengan memanfaatkan model untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Surakarta: sholaria
Natawidjaja, R. (2009). Konseling Kelompok Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Rizqi Press.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) Di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Setiawan, MA. 2017. Belajar dan pembelajaran. UWAIS Inspirasi Indonesia.
Setiawan, MA. 2018. Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Setyawan, Dedy. 2015. Penerapan Metode Discovery Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Peserta Didik Kelas V Sdn 3 Selat Hilir Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 10(2):55-58.
Smith, M. bin. (n.d.). Pengaruh layanan konseling kelompok terhadap disiplin belajar siswa di sma negeri 1 atinggola kabupaten gorontalo utara. 22–32.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhendri, & Rakhmawati, D. (2018). Pendekatan Konseling. Yogyakarta: Magnum.

Downloads

Published

2020-03-19

How to Cite

Triyadi, R., Rakhmawati, D., & Hartini, T. (2020). Upaya Mereduksi Prokrastinasi Akademik Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita: Efforts To Reduce Academic Procrastination Through Group Conceling With Reality Approach. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 27–32. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1311