Terapi Menulis Ekspresif Untuk Menurunkan Tingkat Stres Akademik Peserta Didik Di Sekolah Full Day School

Expressive Writing Therapy To Reduce Academic Stress Of Students In Full Day School

Authors

  • Esty Aryani Safithry Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Indah Sari Dewi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1313

Keywords:

Menulis Ekspresif, Stres Akademik, Full Day School

Abstract

Sistem pembelajaran dengan pola full day school membutuhkan kesiapan baik fisik, psikologis, maupun intelektual yang bagus (Basuki 2016). stres di bidang akademik pada anak muncul ketika harapan untuk pencapaian prestasi akademik meningkat, baik dari orang tua, guru ataupun teman sebaya dan harapan tersebut tidak sesuai dengan kemampuannya. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk menurunkan tingkat stress pada Peserta didik di sekolah yang menerapkan full days school adalah dengan terapi menulis ekspresif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  tingkat  stres akademik pada Peserta didik di Sekolah Full Day School sebelum dan sesudah diberikan terapi menulis ekspresif. Dan Untuk mengetahui  proses terapi menulis  tingkat  stres akademik pada Peserta didik di Sekolah Full Day School. Metode penelitian yang digunakan adalah  kualitatif studi kasus menggunakan rancangan penelitian multiple baseline  Penelitian ini dilakukan pada 15 orang subyek berusia 15-17 tahun. Dengan Memenuhi krirteria DSM IV untuk gangguan penyesuaian (stress), belum pernah diberikan terapi menulis sebelumnya dan bersedia bekerjasama dengan terapis dengan menandatangani inform consent. Hasil peneltian menunjukan Adanya penurunan tingkat stress akademik subjek. Berdasarkan hasil dari sesi 1 sampai sesi ke 10, Skor rata-rata sesi pra terapi adalah 84.5 dan Skor rata-rata sesi pascaterapi adalah 56.7 sedangkan perilaku positif yang muncul . adalah subjek dapat mengerjakan tugas tepat waktu, konsentrasi dalam belajar meningkat dan percaya diri atas kemampuan yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Esty Aryani Safithry, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Indah Sari Dewi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Afrom, I. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Pendidikan Seni Drama di PRODI PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2):12-17.
Alvin, N. O. 2015. Handling study stress:Panduan agar anda bisa belajar bersama anak-anak anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Alwisol (2017), Psikologi Kepribadian, Malang: UM Press.
Astuti, M. 2013. Implementasi Program Fullday School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya’lu Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 133-140.
Azwar,S. 2012.Penyususnan skala psikologi.(Edisi ke-2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basuki, S. 2016. Full Day School, Harus Proporsional Sesuai Jenjang dan Jenis Sekolah. Diakses pada 21 April 2019, dari http://caksukur.blogspot.co.id.
Bolton, Gillie. 2011. Write yourself, creative writing and personal development. London : Jessica Kingsley Publisher.
Busari, A. O. 2012. Validation of Student Academic Stress Scale (SASS). European Journal of Social Sciences –Volume 21.
Fikri, T. 2012.Pengaruh Menulis Pengalaman Emosional DalamTerapi Ekspresif Terhadap Emosi Marah Pada Remaja. Humanitas. Vol. 11, No. 2.
Kazdin, A. E. 2009. Behavior Modification: In Applied Setting. Monterey, California: Cole Publishing Comp.
Leasa, M., & Batlolona, J. R. 2017. Full Day School dalam Pembentukan Karakter Peserta didik SMKN13 Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 6(1), 73-82.
Misra, R. & McKean, M. 2010. College Students' Academic Stress And Its Relation to Their Anxiety, Time Management, and Leisure Satisfaction. American Journal of Health Studies. Tersedia: http://findarticles.com/p/articles/mi_m0CTG/is 1 6 /ai_65640245/ (diakses 19 April 2019).
Moleong, L. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Pennebaker, J. W. 2012. Ketika Diam Bukan Emas: Berbicara dan Menulis sebagai Terapi. Bandung: Mizan Pustaka.
Pennebaker, J. W., & Chung, C. K. (in press). 2017. Expressive writing and its links to mental and physical health.Oxford Handbook of Health Psychology.New York, NY: Oxford University Press.
Putra, Chandra Anugrah & Nikita Dewi. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri (Spi). BITNET : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):11-19.
Qonitatin, Widiasi, & Gusti. 2011. Pengaruh Katarsis Dalam Menulis Ekspresif Sebagai Intervensi Depresi Ringan Pada MahaPeserta didik. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 9, No.1.
Ramli, Muhamad & Isnawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 1(1):6-10.
Ramli, Muhamad & Sumitro Widodo. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1):1-8.
Safithry, Esty Aryani. 2015. Peran Bimbingan Dan Konseling Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VII-8 SMPN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2014/2015. Anterior Jurnal, 14(2):171-179
Santrock JW , 2017. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group;
Sumayyah, D. R. D. 2016. Persepsi terhadap Full Day School dengan Regulasi Diri pada Peserta didik SMP Islam Hidayatullah Semarang. Jurnal Empati, 5(1), 144-147.
Susanti, R, & Suprianti, S. 2013. Pengaruh Expressive Writing Therapy TerhadapPenurunan Tingkat Kecemasan Berbicara Di Muka Umum Pada MahaPeserta didik.JurnalPsikologi. Vol. 9, No. 02.
Susilowati, T.G., & Nida Ul Hasanat. 2011. Pengaruh Terapi Menulis PengalamanEmosional Terhadap Penurunan Depresi pada MahaPeserta didik Tahun Pertama.Jurnal Psikologi. Vol. 38, No. 01.
Taylor, S. E. 2015. Health Psychology. 3rd Edition. New York: Mc Graw Hill International.

Downloads

Published

2020-03-19

How to Cite

Aryani Safithry, E., & Sari Dewi, I. (2020). Terapi Menulis Ekspresif Untuk Menurunkan Tingkat Stres Akademik Peserta Didik Di Sekolah Full Day School: Expressive Writing Therapy To Reduce Academic Stress Of Students In Full Day School. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 40–47. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1313