Prososial Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Siswa Di MAN 2 Tanah Datar

The Influence Of Role Playing Technique Group Guidance On Improving Students Prosocial Behavior In MAN 2 Tanah Datar

Authors

  • Aulia Fitri IAIN Batusangkar Padang
  • Djumandil Rahman IAIN Batusangkar Padang
  • Zildesmi Zildesmi IAIN Batusangkar Padang
  • Wahidah Fitriani IAIN Batusangkar Padang

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1548

Keywords:

perilaku prososial, bimbingan kelompok, role playing

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatan perilaku prososial siswa di MAN 2 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperiment. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian1ini adalah pre-eksperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) terdapat peningkatan perilaku prososial siswa setelah diberikan treatment bimbingan kelompok teknik role playing dengan  (9,01) > tt (1,83) Pada taraf signifikan o,5 %, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatan perilaku prososial siswa dengan nilai  (9,01) > tt (1,83) Pada taraf signifikan o,5 %. Hasil  treatment diperoleh 2 siswa  mempunyai perilaku prososial kategori sangat tinggi, 6 siswa kategori tinggi dan 2 siswa  mempunyai perilaku prososial dengan kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aulia Fitri, IAIN Batusangkar Padang

Djumandil Rahman, IAIN Batusangkar Padang

Zildesmi Zildesmi, IAIN Batusangkar Padang

Wahidah Fitriani, IAIN Batusangkar Padang

References

Arifin, B.S .2015. Psikologi Sosial. Bandung. Pustaka Setia.
Ayuningtyas, et al. 2020. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2): 5
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Dewi et al., .2017. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Gugus Vii Kecamatan Buleleng. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1) : 4.
Erford, B.T. 2017. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Karyanti, Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Mahmudah, S. 2010. Psikologi Sosial. Malang. UIN-Maliki Press.
Matondang, E. S. 2016. Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). Jurnal Pendidikan Dasar. 8 (1) : 34-47.
Novita D.T . 2011. Pengaruh Bermain Peran Prososial Terhadap Peningkatan Konsep Diri Anak Pada Siswa SD Negeri 1 Prambanan. Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.
Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. Jakarta. Rajagrafindo Persada.
Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.
Rahman, A. A 2013. Psikologi Sosial. Jakarta. Rajagrafindo Persada.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif/ Kualitatif dan R& D. Bandung. Alfabeta Bandung.
Suryapranata, S. 2016. Panduan Oprasioanl Penyelengaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Jakarta.
Widyanti, A et al. 2019. Efektifitas Konseling Sosial Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Self Afiliasi. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. 10(2), 75.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Fitri, A., Rahman, D., Zildesmi, Z., & Fitriani, W. (2020). Prososial Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Siswa Di MAN 2 Tanah Datar: The Influence Of Role Playing Technique Group Guidance On Improving Students Prosocial Behavior In MAN 2 Tanah Datar. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1548