Model Partisipasi Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SDN Rabauh

Class Teavher Participation Model In The Implementatiton Of Guidance And Counseling Service Programs In Rabauh Schools

Authors

  • Mimi Suriatie Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1707

Keywords:

Partisipasi, Guru Kelas, Program Bimbingan dan Konseling, SDN Rabauh

Abstract

Guru adalah profesi di sekolah berkewajiban membantu pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, seperti: turut serta aktif dalam membantu melaksanakan kegiatan BK, Memberikan informasi kepada staf BK , Berpartisipasi dalam pertemuan kasus, Memberikan informasi kepada siswa, Meneliti kesulitan dan kemajuan siswa, Meneliti hasil kemajuan siswa, Mengadakan hubungan dengan orang tua siswa, Bekerjasama dengan penyuluh pendidikan dalam pengumpulan data siswa, mengidentifikasikan masalah, Membantu memecahkan masalah siswa, Mengirimkan (refral) masalah siswa yang tidak dapat diselesaikannya kepada Guru BK, Mengidentifikasikan, menyalurkan, membina bakat. Tujuan penelitian ini “ingin mengetahui peranan guru-guru kelas dan konseling di SDN Rabauh, Sampel berjumlah 11 orang guru kelas. Alat pengumpulan data utama menggunakan teknik Check List, yaitu: suatu cara untuk memperoleh data dengan membuat daftar pertanyaan yang ditujukan kepada seluruh guru-guru kelas pada SDN Rabauh. Cara menganalisa data untuk menguji kenyataan yang ada partisipasinya guru-guru Kelas terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling, peneliti menggunakan perhitungan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua komponen tujuan dalam penelitian dilaksanakan dengan prosentase 100% cukup tinggi oleh guru-guru kelas. Ini berarti guru sangat berpartisipasi dan mendukung Program Layanan Bimbingan dan konseling di SDN Rabauh.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mimi Suriatie, Universitas Palangka Raya

References

Bimo Walgito, Prof. Dr, 2004, Bimbingan & Konseling di Sekolah, Penerbit Andi Yogyakarta
Departemen P dan K., 1975, Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Kurikulum 1975, Buku IIIC untuk SMP.
Departemen P dan K., 1981, Pedoman Pembinaan Program Bimbingan di Sekolah, PT. Kencana ENT, Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2006, Panduan Pengembangan Diri, Ida Bagus Mantra dan Kasto, 1987, (Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi (Editor) Metode Peneelitian Survey, LP3FS, Edisi Revisi.
Djumhur, I dan Moh. Surya, 1975, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, CV. Ilmu Bandung.
James F. Adam, Ph.D, 1965, Counseling and Guidence a Summary View Theory and Practice, The Nacmillan Company, New York, Collier-Macmillan Limited, London.
Karyanti, Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Nawawi, Hadari, Dr., 1982, Administrasi dan Organisasi Bimbingan Penyuluhan, Ghalia Indonesia.
Nazir, Moh, Ph.D, 1983, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia.
Partowistro, S. Psy. Dan H. Koestoer, 1984, Bimbingan Penyuluhan di Sekolah-Sekolah, Jilid III, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Prayitno, Prof, Dr. M.ScEd, 1993 Profesional Konseling dan Pendidikan Konselor, Jakarta: Depdikbud.
Purwadarminta, W.S., 1984, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
Riadin, Agung & M. Jailani. 2019. Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 14(2):60-70.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Sukardi, D. Ketut, Drs., 1981, Dasar-Dasar Bimbingan dan Penyuluhan, Transito, Bandung.
Surachmad, Winarno, Prof, Dr., Buku Pegangan Paper, Skripsi, Tesis, Disertasi, Transito, Bandung.
Walgito, Bimo, Drs., 1975, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.
Walgito, Bimo, Drs., 1982, Bimbingan dan Penyuluhan di Perguruan Tinggi, Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.
Winkel, W.S (1991), Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia Jakarta.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Suriatie, M. (2020). Model Partisipasi Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SDN Rabauh: Class Teavher Participation Model In The Implementatiton Of Guidance And Counseling Service Programs In Rabauh Schools. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 25–41. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1707