Pengaruh Layanan Konseling Dengan Teknik Kontrak Perilaku Terhadap Perilaku Mencontek Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang

The Effect Of Counseling Services With Contract Techniques On Childing Behavior Of Viii Grade Students Of SMP Negeri 15 Semarang

Authors

  • Mahdya Nabila Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Yuliejantiningsih Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Ismah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1709

Keywords:

Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Kontrak Perilaku, Perilaku Mencontek

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki perilaku mencontek kategori tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku terhadap perilaku mencontek siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan metode penelitian pre experiment design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 288 siswa. Sampel diambil dari hasil pretest perilaku mencontek berjumlah 7 siswa yang perilaku mencontek kategori tinggi. Teknik sampling penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Hasil setelah diberikan treatment layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku terhadap perilaku mencontek siswa kelas VIII dapat dibuktikan dengan data penelitian yang menunjukkan bahwa hasil rata-rata pretest sebesar 95 dan hasil rata-rata posttest sebesar 77,7. Dari hasil uji sign test wilcoxon menunjukkan bahwa nilai (z = -2,384, p<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa “layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku berpengaruh terhadap perilaku mencontek siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang”. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru pembimbing memantau perilaku mencontek siswa lebih ditingkatkan dan mampu memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku untuk mengendalikan perilaku mencontek siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mahdya Nabila, Universitas PGRI Semarang

Yovitha Yuliejantiningsih, Universitas PGRI Semarang

Ismah Ismah, Universitas PGRI Semarang

References

Agustin, V., Sano, A., & Ibrahim I. 2013 “Perilaku Menyontek Siswa SMA Negeri di Kota Padang serta Upaya Pencegahan oleh Guru BK”. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2. No. 1. Hal. 71-75.
Bradley T. Erford. 2017. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Christine, Masada dan Sabrina Dachmiati. 2016. “Faktor Pemengaruh Perilaku Siswa dan Mahasiswa Mencontek”. Jurnal Sosio-E-Kons. Vol. 8. No. 3. Hal. 227-233.
Dewi, Ovila Priska dan Titin Indah Pratiwi. 2016. “Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Behaviour Contract untuk Mengurangi Perilaku Membolos Pada Siswa di SMK Kawung 2 Surabaya”. Jurnal BK UNESA. Vol. 6. No. 3.
Hamdani, Rusydan Ubaidi. 2015. Menyontek...? Yuk!! Hmm..., Nggak Ah!!. Jakarta: Transmedia.
Hartanto, Dody. 2012. Bimbingan dan Konseling Menyontek Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya. Jakarta: Indeks.
Hendri & Yanti. 2015. Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik di SDN-1 Langkai Palangkaraya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1):30-35.
https://news.detik.com/berita/d-4539834/126-siswa-curang-saat-unbk-2019-kemendikbud-otomatis-nilai-nol (diakses pada tanggal 26 Mei 2019)
Karyanti, Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Komalasari, Gantina, Eka Wahyuni dan Karsih. 2014. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
Mayasari, Dian dan Iip Istirahayu. 2018. “Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Control untuk Mereduksi Perilaku Mencontek Siswa SMP Negeri di Kota Singkawang”. Jurnal Bimbingan dan konseling Indonesia. Vol. 3. No. 2. Hal. 55-58.
Ningsih, Endang, Firman dan Erlamsyah. 2018. “Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Melalui Bimbingan Kelompok Belajar dalam Mengurangi Perilaku Mencontek Siswa saat Ujian”. Jurnal Neo Konseling. Vol. 1. No. 1. Hal. 1-8.
Nurmayasari, Kiki & Hadjam Murusdi. 2015. “Hubungan Antara Berpikir Positif dan Perilaku Menyontek pada Siswa Kelas X SMK Koperasi Yogyakarta”. Jurnal Fakultas Psikologi. Vol. 3. No. 1. Hal. 8-15.
Prayitno dan Erman Amti. 2015. Dasar-dasar Bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Sukardi, Dewa Ketut. 2010. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukarti, Sri, Kusnarto Kurniawan dan Mulawarman. 2018. “Mengurangi Bullying Verbal Melalui Konseling Kelompok dengan Teknik Kontrak Perilaku”. Indonesian Journal of Guidance and Counselings: Theory and Application. Vol. 7. No. 1. Hal. 52-59.
Tohirin. 2015. Bimbingan dan konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Nabila, M., Yuliejantiningsih, Y., & Ismah, I. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Dengan Teknik Kontrak Perilaku Terhadap Perilaku Mencontek Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang: The Effect Of Counseling Services With Contract Techniques On Childing Behavior Of Viii Grade Students Of SMP Negeri 15 Semarang. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 48–55. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1709