Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sub Tema Perubahan Lingkungann Guna Meningkatkan Pemahaman Terhadap Pemanfaatan Alam Yang Sembarangan Pada Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Batu Badinding

The Implementation Of Problem Based Learning In Learning Sub-Themes Of Environmental Change To Improve Understanding Of Individual Utilization Of Nature In Grade VB Students Of SD Negeri 1 Batu Badinding

Authors

  • Yelita Yelita SD Negeri 1 Batu Badinding

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1711

Keywords:

Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Sub Tema Perubahan Lingkungan, Pemahaman Pemanfaatan Alam

Abstract

Proses pembelajaran Sub Tema Perubahan Lingkungann Kelas VB dengan Pokok Bahasan Pemanfaatan alam yang sembarangan, setelah diadakan evaluasi pada kondisi awal diperoleh hasil yang tidak memuaskan dimana sebanyak 10 siswa atau 47,62% tidak tuntas sebagaimana Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sedangkan yang mempunyai nilai di atas KKM sebanyak 10 siswa atau 48%. Untuk itu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning. Hasil siklus I adalah sebanyak 17 siswa atau 80,95% tuntas, sedangkan 4 siswa atau 19,05% siswa tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Tetapi peningkatan ini belum seperti yang diharapkan yaitu di atas 85% dari jumlah siswa. Maka diadakan lagi perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Hasil yang dicapai pada siklus II adalah sebanyak 18 siswa atau 85,71% tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Kriteria ketuntasan 85% yang berada di atas 85% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning telah berhasil. Dengan Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar Pokok Bahasan Pemanfaatan alam yang sembarangan Kelas VB SD Negeri 1 Batu Badinding , terbukti kebenarannya. Dengan Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pokok Bahasan Pemanfaatan alam yang sembarangan Kelas VB SD Negeri 1 Batu Badinding , terbukti kebenarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yelita Yelita, SD Negeri 1 Batu Badinding

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta; PT. Rineka Cipta.
Boediono. 2002. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fajar, A. 2002. Problem Based Learning dalam Pelajaran IPS, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Redja, Mudiyaharjo. 2002. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: PT.Grafindo Persada.
Riadin, Agung. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelalajaran Langsung Menggunakan Media Mobil Garis Bilangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 12(2):28-33.
Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Silberman, Mel. 2002. Active Learning. Yogyakarta,YAPPENDIS.
Sugiono. 2009. Strategi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Landasan Psiklogi Proses Pendidikan. Bandung; PT. Remaja Rosda Karya.
Suprijono, Agus. 2009. Coperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surakhmad, Winarno. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta, PT RajaGrafindo Persada.
Undang-undang RI tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, Bandung: Citra Umbara.
Winkel W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta. Media Abadi.
Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Yelita, Y. (2020). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sub Tema Perubahan Lingkungann Guna Meningkatkan Pemahaman Terhadap Pemanfaatan Alam Yang Sembarangan Pada Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Batu Badinding: The Implementation Of Problem Based Learning In Learning Sub-Themes Of Environmental Change To Improve Understanding Of Individual Utilization Of Nature In Grade VB Students Of SD Negeri 1 Batu Badinding. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 66–72. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1711