Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Ipa Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa

Improving Achievement And Science Learning Motivation By Applying Inquiry-Based Teaching To Students

  • Supian Supian SDN 3 MENTENG
Keywords: Motivasi Belajar IPA, Pengarajaran Berbasis Inkuiri, Prestasi

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk menigkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikanlain, dan peningkatan mutu manajemen sekolah, namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang memadai.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, Subjek penelitian adalah siswa Penelitian ini bertempat di SDN 3 Menteng. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas VI SDN 3 Menteng pada pokok bahasan Pengajaran Berbasis Inkuiri. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan pengajaran berbasis inkuiri, dan tes formatif.

Kentuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pengajaran berbasis inkuiri memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 62,50%, 75,00%, dan 87,50%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Supian Supian, SDN 3 MENTENG

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.
Hendri. 2013. Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pelajaran di Sekolah Menengah Pertama. ANTERIOR JURNAL. 12:2(61-68).
Melvin, L. Siberman. 2004. Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhadi, dkk. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Permadi Ade S, Arna Purtina, Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-20).
Putra, Chandra Anugrah. 2020. Efforts to Increase Learning Outcomes Using Kinesthetic Auditory Visualization Model. International Proceedings Conferences Series. (63-75).
Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Setiawan Muhammad Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2021-09-16
How to Cite
Supian, S. (2021). Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Ipa Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 22-28. https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2733