Penerapan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa

Application of the Presentation Method to Increase Student Interest and Learning Outcomes

Authors

  • Rusminie Rusminie SDN 14 PALANGKA

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2734

Keywords:

Penerapan Model Presentasi, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Dalam  kegiatan  pembelajaran  Pendidikan Agama  Kristen (PAK),  sering  ditemukan  bahwa  peserta  didik  kurang  mampu  menunjukkan  respon  dalam  mengikuti  Proses  Pembelajaran,  dan  cenderung  menjadi  pasif, artinya  disini  terjadi  sistem  pembelajaran  satu  arah, dimana  guru  yang  sebagai  sumber  informasi  belajar  peserta  didik  dan  peserta  didik  hanya  sebagai  pendengar  saja,  tidak adanya  interaktif  atau  kerjasama  antara  guru dengan  peserta  didik dan  antar  peserta  didik itu  sendiri.

   Tujuan  Penelitian  ini  adalah  sebagai  berikut  : a) Mendeskripsikan  langkah-langkah  model  Pembelajaran  Demonstrasi  pada  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Agama  Kristen  (PAK)  di  kelas V SDN 14 Palangka.  Membuktikan  apakah  model  Pembelajaran Presentasi  dapat meningkatkan  hasil  belajar  peserta  didik  pada  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Agama  Kristen  (PAK)  di  kelas V SDN 14 Palangka.

   Hasil  Penelitian  adalah  sebagai  berikut  : Berdasarkan  data  nilai  pada  tabel 4.11  dapat  dibuat  kesimpulan  adalah  sebagi  berikut  :  untuk  nilai  pada  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Agama  Kristen  (PAK)  di  kelas V SDN 14 Palangka dari  11  orang  siswa  semua  mendapat  nilai  tuntas  atau 100% tuntas, dengan  jumlah  nilai  960 dan  nilai  rata-rata  kelas  adalah 87,5  nilai  tertinggi yang  diperoleh  siswa  adalah  95  dan  nilai  terendah  adalah  75. Artinya  dengan  menerapkan  Pembelajaran  Metode Demontrasi  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  peserta  didik  kelas V  SDN 14 Palangka.  Peningkatan  hasil  belajar  peserta  didik  kelas  V SDN 14 Palangka  dapat  dilihat  dari  nilai  rata-rata  kelas  hasil  Lembar  Kerja  Siswa (LKS) .

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rusminie Rusminie, SDN 14 PALANGKA

References

Ahmadi, A. Dan Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta : Rieneke Cipta
Dalyono , M. , 1997. Psikologi Pendidikan Cetakan I. Jakarta : Rieneke Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud dan PT Rieneke Cipta
Djamara, S>B. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta : Rieneke Cipta.
Hamalik , O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara
Hardjana , a. G, 2007. Model-model Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah Dasar. Semarang : LPMP
Hofman, Ruedi. (1988. Sebuah Gagasan Kitab Suci dan Sekolah Minggu. Rohani, Januari halaman 10-13)
Jacobs, Tom, 1992. Silabus Pendidikan Iman Katolik. Yogyakarta : Kanisius
Komkat, 2004. Menjadi Murid Yesus 5. Yogyakarta : Kanisius
Poerwadarminta, W.J.S 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Purwanto, N. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.Raja Grapindo Persada.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Reneke Cipta
Sudjana, N. 1989. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja
Rosda Karya.
Permadi Ade S, Arna Purtina, Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).

Downloads

Published

2021-09-16

How to Cite

Rusminie, R. (2021). Penerapan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa: Application of the Presentation Method to Increase Student Interest and Learning Outcomes. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 29–36. https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2734