Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Konduktor Dan Isolator Panas Ipa Kelas Vi-B

Application of Cooperative Learning Model Type TAI (Team Assisted Individualization) to Improve Student Achievement in Science Heat Conductor and Insulator Materials in Class VI-b

  • Ida Susanti Universtas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Prestasi Belajar Siswa, Materi Konduktor dan Isolator, Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization)

Abstract

Dari 30 siswa hanya 10 orang yang tuntas belajar.Dangan KKM Mata pelajaran IPA 70, berlatar belakang dari permasalahan tersebut, dipandang perlu melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas, sebab Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran yang bersifat individual dan luwes. (Kasihani Kasbolah, 1998:22). Untuk mencapai tujuan agar siswa dapat meningkatkan hasil belajar yang baik, terlebih dahulu siswa memahami pengertian dari belajar.Belajar adalah suatu kegiatan yang membawa perubahan pada individu yang belajar.

Rencana pembelajaran mata pelajaran IPA kelas VI.b SDN Percobaan Palangka Raya ini memakai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Kesimpulan dari penelitian ini dapat meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas VI-b SDN Percobaan Palangka Raya, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya Nilai Rata-Rata Kelas pada Mata Pelajaran Matematika. Dapat dilihat pada perbandingan jumlah nilai pada siklus 1 sejumlah 1.950 dengan rata-rata kelas 65,00 dan nilai yang diperoleh pada siklus 2 sejumlaha 2.030 dengan nilai rata-rata kelas 67,7, pada siklus 1 dan siklus 2 terdapat peningkatan sebesar 2,7  Poin.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ida Susanti, Universtas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Buku Guru Dan Buku Siswa Tematik Terpadu SD/MI Kelas VI (2017 ),Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI
Depdikbud, (1997). Ilmu Pengetahuan Alam Petunjuk Guru Sekolah Dasar Kelas 6.Jakarta Dirjen Dikdasmen.
Depdikbud, (1998). Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas VI Sekolah Dasar. Jakarta Dirjen Dikdasmen.
Depdiknas, (2004). Kurikulum Pendidikan Dasar, Dirjen Dikdasmen.
Kasihani Kasbolah, (1998). Penelitian Tindakan Kelas Dirjen Pendidikan. Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Nana Sujana, (1991). Media Pengajaran.Pusat Penelitian dan Pembidangan IlmuLembaga Penelitian IKIP Bandung. Sinar Baru.
Ngalimun Purwanto, (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung Remaja Rosda Karya.
Permadi Ade S, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.6:1(16-21).
Permadi Ade S dan Febriana Mentari. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Kahayan Kuala.
Setiawan, Muhammad Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Tim Bina Karya Guru, (2008). IPA SD untuk Sekolah Dasar Kelas VI. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Winataputra, U. (2001). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Dapdiknas.
Published
2021-09-16
How to Cite
Susanti, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Konduktor Dan Isolator Panas Ipa Kelas Vi-B. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 41-47. https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2739