Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan Pada Bidang Datar Melalui Media Math Fan

Increasing Mathematics Learning Outcomes In Construction Materials In Flat Fields Through Math Fan Media

  • Bambang Murtiyono SMP IT BAITURRAHMAN BUNTOK
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Media Math Fan

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-A SMP-IT Baiturahman Buntok dalam pembelajaran matematika materi kesebangunan pada bidang datar. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dengan tiap-tiap siklus memuat tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Objek tindakan yang diteliti meliputi tingkat keaktifan siswa selama mengikuti KBM dan hasil belajar siswa setelah selesai tiap siklus. Lokasi Penelitian adalah SMP-IT Baiturahman Buntok,

Data keaktifan siswa diperoleh dengan cara melakukan observasi atau pengamatan terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dengan menggunakan lembar observasi. Sedang data hasil belajar siswa diperoleh dengan melakukan tes hasil belajar, dengan soal tes tertulis berbentuk uraian yaitu dengan membandingkan nilai yang diperoleh siswa dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan baik pada keaktifan siswa maupun pada nilai hasil belajarnya. Peningkatan keaktifan siswa ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan jumlah siswa yang aktif dalam proses pembelajaran pada tiap-tiap siklus. Sedang peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan terjadinya peningkatan jumlah siswa yang dapat memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 65 atau mencapai KKM, yaitu sebesar 60% pada siklus I meningkat menjadi 80% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 100% pada siklus III.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bambang Murtiyono, SMP IT BAITURRAHMAN BUNTOK

References

Akhsin, Nur dan Heny Kusumawati, 2007. Matematika untuk IX SMP/MTs. Jakarta: Cempaka Putih.
Aqib, Zainal, 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
BSNP, 2006. Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Ditjen Manajemen Dikdasmen, Depdiknas.
Depdiknas, 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Elliot, John, 1992. The Action Research Reader. Geelong Victoria: Deakin University.
Kemmis, Stephen dan Robin Mc Taggart, 1998. The Action Research Planner, 3rd ed. Victoria: Deakin University.
Krismanto, Al. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Lewin, Kurt, 1990. Action Research and Minority Problems, 3rd ed. Victoria: Deakin University.
Mendiknas RI, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Mendiknas RI, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Pudjohartono, S, 2003. Teori-teori Perkembangan Kognitif dan Proses Pembelajaran yang Relevan untuk Pembelajaran Matematika. Jakarta: Direktorat PLP, Ditjen Dikdasmen, Depdiknas.
Riadin Agung dan Kurnia Sari. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Menjemur Kaos Berbasis Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II-A di SDN-5 Panarung. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 13:1(16-23).
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Published
2021-09-16
How to Cite
Murtiyono, B. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan Pada Bidang Datar Melalui Media Math Fan. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 56-61. https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2742