Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Budaya Hidup Sehat Dengan Pendekatan Taktis Menggunakan Test Tertulis Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Pendahara

Improving Learning Outcomes Of Healthy Living Culture Materials With A Tactical Approach Using Written Test In Class IV Students Of SDN 1 Pendahara

Authors

  • Sarjuyu Sarjuyu SDN 1 PENDAHARA

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v7i2.3390

Keywords:

Hasil Belajar, Budaya Hidup Sehat, Pendekatan Taktis, Test Tertulis

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Pendahara materi budaya hidup sehat dengan menerapkan pendekatan taktis menggunakan test tertulis  pada siklus I diperoleh  nilai  rata-rata hasil belajar siswa adalah  63,8 ketuntasan   belajar  mencapai  31   %  atau  4 siswa sudah tuntas belajar dari 13 siswa dan siswa yang belum tuntas sebanyak 9 orang dengan persentase ketidak tuntasan  sebesar 59 %, ini dikarenakan guru masih belum menggunakan pendekatan taktis dengan baik sehingga banyak siswa belum mampu menjawab soal tertulis dengan baik materi budaya hidup sehat. ketuntasan klasikal yang di persyaratkan sebesar ≥ 80 belum tercapai. Test tertulis  diperoleh  nilai  rata-rata hasil belajar siswa nilai rata-rata hasil belajar siswa 85,4  pada siklus II dengan ketuntasan belajar mencapai 92 % atau ada 12 siswa sudah tuntas belajar dan 1 orang belum tuntas dengan persentase sebesar 8 %., bisa menjawab soal tertulis dengan baik materi budaya hidup sehat. Begitu juga dengan ketuntasan klasikal yang di persyaratkan sebesar ≥ 80 sudah tercapai. Dalam pembelajaran sangatlah tepat guru  pendekatan taktis menggunakan test tertulis  pada materi budaya hidup sehat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sarjuyu Sarjuyu, SDN 1 PENDAHARA

References

Akhadiah, Sabarti, dkk. 2001 Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga
Arifin, E Zaenal dan Farid Had. 2003 Seribu Satu Kesalahan Baebahasa. Jakarta: Akademika Presinda.
Arikunto & Suharsimi . 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.
Depdikbud RI. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Keraf, Gorys. 2000. Argumentasa dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia
Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia
Lickona, T.1992. Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Sehat. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Moeliono, 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Parera, Jos Daniel. 2004. Menulis Tertib dan Sistimatik. Jakarta: Erlangga
Suriamiharja, Agus 2006 “Kemampuan dan Keterampilan menulis Mahasiswa IKIP Bandung”. Tesis FPS IKIP Bandung
Tarigan, Henry Guntur. 2006. Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Sarjuyu, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Budaya Hidup Sehat Dengan Pendekatan Taktis Menggunakan Test Tertulis Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Pendahara: Improving Learning Outcomes Of Healthy Living Culture Materials With A Tactical Approach Using Written Test In Class IV Students Of SDN 1 Pendahara. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 7–15. https://doi.org/10.33084/suluh.v7i2.3390