Layanan Konseling Kelompok Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Untuk Mengurangi Perilaku Cyber Bullying Pada Peserta Didik Kelas VIII-7 di SMPN-3 Palangka Raya

Authors

  • Aminudin Aminudin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Karyanti Karyanti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.536

Keywords:

Cyber Bullying, Konseling kelompok Solution Focused Brief Therapy SFBT

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas layanan konseling kelompok SFBT dalam mengurangi perilaku cyber bullying peserta didik kelas VIII-7 di SMPN-3 Palangka Raya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang peserta didik. Jumlah sampel penelitian terdiri dari 8 orang peserta didik. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan skala perilaku cyber bullying. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen, teknik pengumpulan data menggunakan rumus Paired-Sample T Test atau lebih dikenal dengan Pre-Post Design adalah analisis dengan melibatkan dua pengukuran pada subjek yang sama terhadap suatu pengaruh atau perlakuan tertentu.

Hasil uji Paired-Sample T Test, menunjukkan bahwa perilaku cyber bullying mengalami penurunan rata-rata awal 191.50 menjadi 115.50, dengan jumblah rata-rata penurunan sebesar 76. Artinya “Layanan Konseling Kelompok Solution Focused Brief Therapy (SFBT) dapat Menurunkan Perilaku Cyber Bullying pada Peserta Didik Kelas VIII-7 di SMPN-3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016”. Hasil analisis menunjukan bahwa kedelapan peserta didik pada subjek penelitian mengalami penurunan tingkat perilaku cyber bullying sebelum dilakukan intervensi dan sesudah dilakukan intervensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aminudin Aminudin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Karyanti Karyanti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Astuti, B. 2012. Modul Konseling Individual.Program Studi Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikana UNY
Afriana, D. Yusmansyah, D. & Utaminingsih. 2014.Upaya Mengurangi Perilaku Bullying Di Sekolah Dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. Jurnal BK UNILA. http://jurnal.fkip.unila.ac.id
Ayunintgyas, D A. Sarkadi & Timoera D A. 2013. Efektivitas Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik Dalam Meredam Perilaku Cyberbullying.Universitas Negeri Jakarta.Jurnal PpknISSN: 2337-5205Volume 1, Nomor 2, Tahun 2013.
Creswell, J W. 2010. Research Design Pendekatan Kualititaif, Kuantitatif, dan Mixed. (Terjemahan Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Corey, G. 2012. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (8th Ed.). Belmont, CA: Brook/Cole.
Dyastuti, S. 2012. Mengatasi Perilaku Agresif Pelaku Bullying Melalui Pendekatan Konseling Gestalt Teknik Kursi Kosong.Indonesian Journal Of Guidance and Counseling Theory and Apllication. Universitas Negeri Semarang Indonesia. ISSN 2252-6374
Gibson, R L & Mitchell M, H. 2011. Bimbingan dan konseling. Jakarta: Pustaka Belajar Edisi Indonesia.
Hurlock, E B. 2014. Piskologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima Yoyakarta: Erlangga.
Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: KEMDIKBUD
Karyanti, Atmoko, A dan Hitipeuw, I. 2015. Keefektifan Pelatihan Keterampilan Arsertif untuk Meningkatkan Perilaku Arsertif Siwa Korban Bullying di SMA. Malang. Juornal.um.ac.id/index.php/jph.
Maya, N. 2015. Fenomena Cyberbullying Di Kalangan Pelajar.Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ISSN.2442-6962 Vol. 4, No. 3.
Palmer, S. 2010. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusmana, N. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Amplikasi. Bandung: Risqi Press.
Roland, E. 2006. Teachers Gude To The Zero Anti Bullying Centre For Behavioral Research Programmen. University Of Skavanger: Norway.
Rahayu, F S. 2011. Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dalam Bentuk Cyberbullying di Kalangan Anak dan Remaja.Jurnal UAJY. http://ejournal.uajy.ac.id/
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Sanyata, S. 2010. Teknik Dan Srategi Konseling Kelompok. Diterbitkan pada Jurnal Paradigma No. 09 Th. V, Januari 2010 ISSN 1907-297X/.
Sari, D K. 2014. Keefektivan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk mengurangi perilaku agresif siswa Sma.Universitas Negeri Malang Pascasarjana Program Studi Bimbingan dan Konseling.Tesis.
Suminar, D R & Danirmala P. 2014. Perbedaan Perilaku Cyberbullying Ditinjau Dari Persepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah Di Smk Negeri 8 Surabaya.Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.ISSN 2301-7082 Volume No. 3.
Syam, A A. 2015. Bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar.http://repository.unhas.ac.id/
Utami, Y C. 2014. Cyberbullying Di Kalangan Remaja, Studi Tentang Korban Cyberbullying Di Kalangan Remaja Di Surabaya. Universitas Airlangga. http://www.journal.unair.ac.id/

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

Aminudin, A., & Karyanti, K. (2017). Layanan Konseling Kelompok Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Untuk Mengurangi Perilaku Cyber Bullying Pada Peserta Didik Kelas VIII-7 di SMPN-3 Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 12–18. https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.536