Teknik Menggambar Untuk Menurunkan Emosi Marah Pada Peserta Didik Di SMA Negeri-2 Palangkaraya

Drawing Techniques To Reduce The Emotional Upset On State Students In SMA-2 Palangkaraya

  • Karyanti Karyanti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Yanti Agustina Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Drawing Technique, Angry Emotions of Students

Abstract

Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Menggambar Untuk Menurunkan Emosi Marah Peserta Didik di SMA Negeri-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Menggambar Untuk Menurunkan Emosi Marah Peserta Didik Di SMA Negeri-2 Palangka Raya. Rancangan penelitian ini menggunakan Single Subject Design (SSD) dengan Multiple Baseline Across Subject. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 pesera didik di kelas X MIPA-6 SMA Negeri 2 Palangkaraya tahun ajaran 2017/2018 yang teridentifikasi sebagai peserta didik yang berperilaku emosi marah  dalam kategori cendrung tinggi, masing-masing diidentifikasi dari rubic observasi analisis analisis visual dengan memperhatikan perubahan level dan trend. Hasil analisis menunjukan kesembilan subjek pada fase baseline memiliki perilaku emosi marah yang cendrung tinggi. Pada fase intervensi terakhir kesembilan subjek mengalami penurunan kategori dari kategori tinggi menjadi sedang dan dari kategori sedang menjadi rendah. Pada fase berikutnya yaitu pada fase maintenance atau fase follow up, pergerakan data stabil seperti data pada pengukuran intervensi. Berdasarkan data tersebut trend dan level mengalami penurunan yang cukup tajam. Hal ini dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik menggambar dapat mengurangi emosi marah peserta didik di kelas X MIPA-6 SMA Negeri 2 Palangkaraya

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Karyanti Karyanti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Yanti Agustina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta
Azwar, Saipuddin.2007. Tes Prestasi : Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Budi Astuti. 2012. Konseling Kelompok untuk Mengurangi Prilaku Agresif Verbal Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, (1), (2), 12-13.
Corey, G. 2012. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (8th Ed). Belmont, CA:Brook/Cole.
Dharsono, S.K. 2004. Seni Rupa Modern, Bandung, Rekayasa Sains.
Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Gladding. T Samuel. 2011. The Creative Arts in Counseling. United States of America.
Goleman, Daniel. 2001. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Guttmann, Joseph; Regev, Dafna. 2004. The Phenomenological Approach to Art Therapy Journal of Contemporary Psychotherapy; Summer 2004; 34, 2; ProQuest Psychology Journals. diakses 10 Nopember 2010.
Hildae. 2014. Hubungan Antar Permasalahan yang dihadapi Peserta Didik SMPN-3 Palangkaraya dengan Hasil Belajar. “Skripsi”. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Kariyanti, 2015. Konseling Art dengan Media Gambar untuk Meninggkatkan Self Disclosure Mahasiswa. Anterior Jurnal. Vol.15 No.1, Tahun 2015 ISSN 1412-1395 (cetak) 2355-3529.
Kemendikbud. 2014. Materi Implementasi Kurikurum 2013. Bimbingan dan Konseling SMP/MTS. Modul.
Latipun, 2005. Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhammadiyah Malan
Lubis. 2013. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktik. Kencana
Maurus, J. 2014. Mengembangkan Emosi Positif. Jogjakarta : Bright Publisher.
Natawidjaja, rochman. 2009. Konseling Kelompok Konsep Dasar Dan Pendekatan. Bandung : Rizqi press
Narbuko,C.,Achmadi,A,H. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Bumi Aksara
Prayitno, Erman. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Debdikbud.
PurwantoY. & MulyonoR. M., 2006. Psikologi Marah, Perspektif Psikologi Islami. Bandung: Refika Aditama.
Riana Mashar. 2011. Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya, Jakarta: Kencana.
Risa Yuliani. 2013. Emosi Negatif Siswa Kelas XI SMAN 1 Sungai Limau. Jurnal Padang. Vol.2, No.1. ISSN 2407 053X
Runtukahu Tombokan. 2013. Analisis Prilaku Terapan Untuk Guru, Yogyakarta : Ar- Ruzz Media
Safaria,Triantoro. 2012. Menajemen Emosi Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Fositif Dalam Hidup Anda. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Shufi. R. 2015. Pedoman dan Teknik Untuk Konselor. Jakarta : PT Lintang Wiguna.
Sugiyono. 2015 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bandung: Alfabeta.
Sukardi. Ketut. Dewa. 2008. Bimbingan Dan Konseling Disekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Susanti, Tri. 2015. Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Cerdas Istimewa di SMA Negri Kota Yogyakarta. Jurnal Konseling. Vol. 1 No.1 Tahun 2015 ISSN 2460-1187.
Sunanto, J. , Tekeuchi, K. & Nakata, H. 2006. Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. CRISED : University of Tsukuba dan UPI Bandung.
Sunanto. 2005. Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Universitas Pendidikan Indonesia : Center Of Research On International Cooperation In Educational Development (CRIED), Uversity Of Tsabkuba
Triantoro Safaria dan Nofrans Eka Saputra. 2009. Manajemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif Dalam Hidup Anda. Jakarta: Bumi Aksara.
Wagiran. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta : Deepublish
Wetrimudrison, 2005. Seni Pengendalian Marah Dan Menghadapi Orang Pemarah. Alfabeta.
Wibowo. Edy. Mungin. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Pres
Zulkifli, 2015. Ungsi Bimbingan & Konseling Kelompok di Sekolah, Jurnal bimbingan dan kons konseling (1), (2) 28-29
Published
2019-03-06
How to Cite
Karyanti, K., & Agustina, Y. (2019). Teknik Menggambar Untuk Menurunkan Emosi Marah Pada Peserta Didik Di SMA Negeri-2 Palangkaraya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 4-9. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.618

Most read articles by the same author(s)