Analisis Kesulitan Menulis Rangkuman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya

An Analysis Of Students Difficulties In Writing Summary Of Indonesian Subjects In Fourth Grade Students Of SDN 2 Pahanadut Palangka Raya

Authors

  • Diplan Diplan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Dicky Tri Firmansyah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rini Rini Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1186

Keywords:

Kesulitan Menulis Rangkuman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis rangkuman mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2018/2019.  Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Kehadiran peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian ini dan sekaligus sebagai pengumpul data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan secara sistematis pada saat pelajaran menulis rangkuman di Kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya dilaksanakan dengan mengacu pada kemampuan peserta didik dalam menulis rangkuman yang mengalami kesulitan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Hasil penelitian yang dilaksanakan di Kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menulis rangkuman dipengaruhi faktor internal dan faktor eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Diplan Diplan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dicky Tri Firmansyah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rini Rini, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

A.M, Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Akhadiah, Sabarti. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
Anas, Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Asih, Retno. (2008). Peningkatan Menulis Rangkuman dengan Pendekatan Konstekstual Komponen Inkuiri Melalui Media Surat Kabar Pada Siswa Kelas VIII C SMP Islam Ungaran Tahun 2008/2009. Universitas Negeri Semarang.
Basrowi, dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta
Diplan, dan Andi. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Tengah. CV. Sarnu Untung
Djuharie, dan Suherli. Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung : Yrama Widya
Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta : Balai Pustaka
Harimurti, Kridalaksana. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia
Haryanto. (2000). Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta : EGC

Downloads

Published

2019-12-27

How to Cite

Diplan, D., Tri Firmansyah, D., & Rini, R. (2019). Analisis Kesulitan Menulis Rangkuman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Pahandut Palangka Raya: An Analysis Of Students Difficulties In Writing Summary Of Indonesian Subjects In Fourth Grade Students Of SDN 2 Pahanadut Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 22–28. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1186