Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an
Integration of the Values of Character Education based on the Qur’an
Abstract
Berbagai permasalahan di kalangan remaja terkait kondisi moral dapat diatasi melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter diperlukan untuk melengkapi tujuan pendidikan seperti pemerolehan pengetahuan dan penguasaan keterampilan. Integrasi pendidikan karakter pada proses pembelajaran memerlukan sebuah pemikiran yang konkrit serta tindakan praktis sehingga dampaknya benar-benar dapat dirasakan oleh berbagai pihak. Keberhasilan pendidikan tidak hanya dilihat dari pencapaian hasil akademik, akan tetapi juga dari pembentukan karakter yang baik. Artikel ini bertujuan memberikan kontribusi akademik kepada para pendidik dalam rangka menanamkan nilai-nilai karakter berdasarkan ayat-ayat Al Qur’an kepada peserta didiknya. Al Qur'an merupakan salah satu sumber rujukan terkait pendidikan karakter, sehingga menunjukkan bahwa Al Qur'an memang merupakan pedoman hidup bagi umat muslim serta islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin.
Downloads
References
Arifin, M.A. 2017. The Teaching Methodology and Assesment of Character Education in Indonesian English Curriculum: Teacher’s Perception. Asian EFL Journal. 10. 12-28.
Bialik, M., Bogan, M., Fadel, C & Horvathova, M. 2015. Character Education for 21st Century. Center for Curriculum Redesign. Boston.
Hartini, Sri. 2017. Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten. Al-Asasiyya: Journal Basic of Education. 2(2): 38-59.
Fiana, F.J., Daharnis & Ridha, M. 2013. Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling. 2: 26-33.
Kamaruddin, S.A. 2012. Character Education and Students Social Behavior. Journal of Education and Learning. 6(4): 223-230.
Pala, A. 2011. The Need for Character Education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies. 3(2):23-32.
Purwati, N., Zubaidah, S., Corebima, A.D & Mahanal, S. 2018. Increasing Islamic Junior High School Students Learning Outcomes through Integration of Science Learning and Islamic Values. International Journal of Instruction. 11 (4): 841-854.
Zubaidah, S. 2019. Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. 3(2):1-24.
Copyright (c) 2020 Fathul Zannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.