Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook In Box Berbasis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran IPS

The Development Of Scrapbook In Box Learning Media Based On The Ability To Read The Understanding Of IPS Learning

Authors

  • Prihatin Sulistyowati Universitas Kanjuruhan Malang
  • Dheatri Fathanah Universitas Kanjuruhan Malang
  • Dwi Agus Setiawan Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1438

Keywords:

Media Pembelajaran Scrapbook, Pembelajaran IPS, Membaca pemahaman

Abstract

Media pembelajaran yang menarik menjadi kebutuhan untuk mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpisikan proses pengembangan, tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media scrapbook in box. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini  adalah model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: tahap analis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media scrapbook in box layak, praktis, dan efektif untuk digunakan. Penilian oleh ahli media mendapatkan presentase 92,5%, penilaian oleh ahli bahasa mendapatkan presentase 80%, penilaian oleh ahli materi mendapatkan presentase 93,1%, penilaian oleh guru mendapatakan presentase 93,1%. Penilian oleh siswa mendapatkan presentase 93%, dan untuk keefektifan mendapatkan rata-rata peningkatan kemampuan membaca pemahaman sebesar 26%. Berdasarkan paparan hasil penilaian maka media pembelajaran scrapbook in box “Layak”, “Praktis”, dan “Sangat Baik” digunakan di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Prihatin Sulistyowati, Universitas Kanjuruhan Malang

Dheatri Fathanah, Universitas Kanjuruhan Malang

Dwi Agus Setiawan, Universitas Kanjuruhan Malang

References

Afandi, R. 2011. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32
Alam, B. 2012. Pengembangan Cd Interaktif Pembelajaran Ips Materi Bencana Alam. JESS (Journal of Educational Social Studies), 1(1). https://doi.org/10.15294/jess.v1i1.73
Arikunto, S. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi.
Hakim, L. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6.
Hendri. 2016. Students’ Ability To Use Descriptive Adjective In Sentence. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 11(1):14-23.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Laily, I. F. 2014. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar Idah Faridah Laily. 3(1).
Mariyani.Enok. 2009. PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN IPS KETERAMPILAN SOSIAL. Jurnal Penelitian, 9(1), 1–111.
Nurseto, T. 2012. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405
Rosyana, V. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Pengetahuan Terhadap Bencana Gempa Bumi Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sulistyowati, P., Utomo, D. W., Batlolona, J. R., Saregar, A., Hudha, M. N., & Yusro, A. C. (2019). Practicing Energy Saving Habits of Elementary Students Through Development of Lectora Inspire Software Based Instructional Media. Journal of Physics: Conference Series, 1381(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1381/1/012040
Susanti, A. L. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dalam Meningkatkan Komunikasai Matematika Siswa. Universitas Muhammadyah Malang.
Untari, M. F. A., & Saputra, A. A. 2016. Keefektifan Media Komik Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2354
Wardhani, S. W. 2018. Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokan Hewan Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, Vol. 2 (2), 124–130.
Widanarti, N. I. 2013. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Se-Gugus II di Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013.
Widoyoko, E. P. 2012. Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-06-25

How to Cite

Sulistyowati, P., Fathanah, D., & Agus Setiawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook In Box Berbasis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran IPS: The Development Of Scrapbook In Box Learning Media Based On The Ability To Read The Understanding Of IPS Learning. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 29–36. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1438