Efektivitas Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDS Muhammadiyah Pahandut

Effectiveness Of Value Value Value Clification Technique (VCT) Learning Model In Learning IPS Grade V SDS Muhammadiyah Pahandut

  • Misyanto Misyanto Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran VCT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDS Muhammadiyah Pahandut antara model pembelajaran VCT dengan model pembelajaran konvensional yang biasa digunakan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu eksperimen dengan desain penelitian post test only control design, yaitu dengan membandingkan kelompok pertama yan g diberikan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan (kelas control). Variabel dalam penelitian ini ada variabel bebas Model Pembelajaran sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV SDS Muhammadiyah Pahandut yang beralamat di Jl. Ulin Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik dilakukan setelah pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistic t-test. Hasil penelitian berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, nilai thitung = 2,375 > ttabel = 1,676 yang berarti penggunaan model pembelajaran VCT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional. Kelompok yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT lebih aktif peserta didiknya dibandingkan kelompok yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional yang terlihat lebih pasif. Karena model pembelajaran VCT atau teknik memperjelas nilai ini mencoba membina nilai atas dasar prinsip rasional objektif. Artinya melibatkan akal budi yang luhur dalam mengkaji nilai-nilai yang diyakini dan dipertahankan sebagai tuntunan tingkah laku (secara objektif) di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Misyanto Misyanto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Adisusilo, S. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dimyati. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Panduan Pelaksanaan Penelitian Universitas Muhamadiyah Palangkaraya Tahun 2018. LP2M UM Palangkaraya.
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Ramli, Muhamad & Isnawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1):6-10.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surti, Wayan & Muhammad Jailani. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2):14-28.
Suryono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Taniredja, dkk. 2014. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta
Winataputra,dkk. 2006. Materi dan pembelajaran IPS SD. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Published
2020-06-25
How to Cite
Misyanto, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDS Muhammadiyah Pahandut. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 9-16. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1464

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>