Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pada Kelas IV-D MIN 2 Kota Palangka Raya

Implementation Of Type Group Investigation (GI) Cooperative Learning Models Assisted Graphic Media To Improve Mathematical Learning Results Students In Kelas IV-D MIN 2 Palangka Raya City

Authors

  • Rita Rahmaniati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Mitranita Mitranita Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1465

Keywords:

Hasil belajar matematika, Model Kooperatif Tipe Group Investigation, Media Grafis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas IV-D MIN 2 Kota Palangka Raya pada saat pembelajaran matematika menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation  berbantuan media grafis. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV-D MIN 2 Kota Palangka Raya pada saat pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan media grafis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-D MIN 2 Kota Palangka Raya yang berjumlah sebanyak 34 orang peserta didik. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK),  menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan  media grafis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Meningkatnya aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media grafis, (2) Meningkatnya hasil belajar matematika peserta didik sehingga memperoleh nilai rata-rata 81,17 dengan ketuntasan klasikal 97,05%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Mitranita Mitranita, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Fathurrohman Pupuh, M. Sobry Sutikno. 2014. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam, Bandung: PT Refika Aditama.
Hendri. 2016. Students’ Ability To Use Descriptive Adjective In Sentence. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 11(1):14-23.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Rusman. 2014. Model-Model PembelajaranMengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta:Rajawali Pers.
Sanjaya Wina. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group.
Santya. 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas, Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesa.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sudijono Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukardi M. 2011. Evaluasi Pendidikan prinsip dan operasionalnya, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Susilana dkk. 2009. Cepti Media Pembelajaran Hakikat Pengembanga, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung: CV. Wacana Prim.

Downloads

Published

2020-06-25

How to Cite

Rahmaniati, R., & Mitranita, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pada Kelas IV-D MIN 2 Kota Palangka Raya: Implementation Of Type Group Investigation (GI) Cooperative Learning Models Assisted Graphic Media To Improve Mathematical Learning Results Students In Kelas IV-D MIN 2 Palangka Raya City. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 17–23. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1465