Meningkatkan Kompetensi Guru SDN 1 Landasan Ulin Utara Dalam Penggunaan Media TIK Berbasis Android Melalui Tutor Sebaya

Improving SDN 1 Landasan Ulin Utara Teachers Competency In The Use Of Android Based ICT Media Through a Tutor

Authors

  • Suwardi suwardi SDN 1 Landasan ulin utara

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.1517

Keywords:

TIK, Media Pembelajaran Berbasis Android

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 menuntut dunia pendidikan untuk meningkatkan budaya literasi data, teknologi, dan manusia bagi pengembangan segala jenis pekerjaan di era ini. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru terdapat 4 kompetensi yang harus dikuasai guru salah satunya adalah kompetensi pedagogik, seorang guru harus mampu menggunakan serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk kepentingan pembelajaran. Oleh karenanya, guru dituntut harus bisa menggunakan dan memanfaatkan TIK sebagai media dalam proses pembelajaran. Penulisan Best Practise ini bertujuan untuk Meningkatkan Kompetensi guru SDN 1 Landasan Ulin Utara dalam penggunaan media TIK berbasis android melalui tutor sebaya Tahun 2019. Subjek yang digunakan dalam best practise ini adalah guru di SDN 1 Landasan Ulin Utara yang berjumlah 31 orang, dari jumlah tersebut hanya 6 orang yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis android dalam pembelajaran, setelah pelaksanaan evaluasi dilakukan dengan mengamati peningkatan kompetensi guru setelah mengajar menggunakan IT. Hasil yang dicapai, ada 20 guru yang mampu menggunakan android dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suwardi suwardi, SDN 1 Landasan ulin utara

References

Azhar, A. 2011. Media Pemebalajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Kusnandi, C. & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital, Bogor: Galia Indonesia.
Djamarah, S. B. & Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.
Gonzalez, M.A., Martin, M.E.,Liamas, C., 2015. Teaching and learning physicswith smartphones. Journal of Cases on InformationTechnology, 17, 31-50.
Kitchenham, A. 2011. Models for interdisciplinary mobile learning: delivering information to students. Hersey PA: IGI Global.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 173.
Laurillard, D. 2007. edagogical forms for mobile learning in: Pachler, N. (ed) (2007) Mobile learning:towards a research agenda. London: WLE Centre, IoE.
McEwan, T. & Cairncross, S. 2004. “Evaluation and multimedia learning objects: towards a humancentred approach”. Jurnal Interactive Technology & Smart Education. 2. pp 101–111
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nomor, P. P. R. I. (32). tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dokumen Negara.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan kompetensi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Permadi, Ade S & Rahmani. 2020. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Google Apps For Education. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2):48-52.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Rahmawati. 2015. Jurnal Pendidikan. Diakses melalui http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/727. diakses pada 16 novermber 2019
Rusyan, H.A. T. 2014. Membangun Pendidik Berkualitas. Jakarta: PT. Pustaka Dinamika.
Rogozin. 2012. Physics Learning Instruments of XXI Century. Proceedings of The World Conference on Physics Education 2012.
Rosida. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Dampak Pencemaran Bagi Kehidupan. Tesis Unila. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Semi, A.M, 2008. Trampil Berdiskusi dan Berdebat. Bandung. Titian Ilmu.
Scott B. & Cong, C. 2010. “Evaluating course designprinciples for multimedia learning materials”. Jurnal Campus-Wide Information Systems 27 (5). pp 280-292
Suryo, M. dan Amin, M. 1982. Pengajaran Remedial.Jakarta: DepdikbudP2BSPG.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

suwardi, S. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru SDN 1 Landasan Ulin Utara Dalam Penggunaan Media TIK Berbasis Android Melalui Tutor Sebaya: Improving SDN 1 Landasan Ulin Utara Teachers Competency In The Use Of Android Based ICT Media Through a Tutor. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 46–51. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.1517