Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar

The Effect of Information Technology Utilization and Communication on Study Motivation

Authors

  • Ade S. Permadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Arna Purtina Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhammad Jailani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.2071

Keywords:

Pemanfaatan Teknologi Informasi, Komunikasi, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kembali bagaimana pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu satu variable dependen dan satu variable independen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, sedangkan variable dependen dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi yang dilakukan peneliti pada studi awal penelitian, dapat diketahui bahwa populasi dalam penelitian adalah sebanyak 316 orang siswa di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penarikan jumlah sampel dihitung dengan menggunakan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan derajat kesalahan yaitu 5%. Pendekatan dalam penelitian kuantitatif dengan model penelitian yang bersifat expost facto. Disebut penelitian expost facto karena peneliti berhubungan dengan variabel yang telah terjadi dan tidak perlu memberikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Hasil hipotesis tentang pemanfaatan teknologi dan informasi (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) melalui uji statistic dengan menggunakan program SPSS dalam penelitian ini memperoleh nilai sig. 0,01 < 0,05 yang berarti bahwa pemnafaatan teknologi dan informasi (X) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa (Y), sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ade S. Permadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Arna Purtina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Muhammad Jailani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdullah, Abdul Haris. 2009. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa. JurnalIqra’. Vol.3. No.1, Januari – Juni 2009.
Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Kadir, Abdul dan Terra. 2005. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
Permadi, Ade S & Rahmani. 2020. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Google Apps For Education. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2):48-52.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Rusman, dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta: Rajawali Press, 2011), hal.48.
Wahyudin, Agus, Dr. M.Si. 2015. Metodologi Penelitian, Penelitian Bisnis & Pendidikan. Edisi 1. UNNES Press. Semarang.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Widayati, Ani. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Motivasi Belajar Siswa Padamata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas Swasta Babussalam Pekanbaru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

S. Permadi, A., Purtina, A., & Jailani, M. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar: The Effect of Information Technology Utilization and Communication on Study Motivation. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 16–21. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.2071