Pemerolehan Sintaksis Anak Usia 2 Tahun

Syntax Acquisition of Children Age 2 Years

Authors

  • Lili Agustina STKIP PGRI Banjarmasin
  • Noor Indah Wulandari STKIP PGRI Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.2072

Keywords:

Pemerolehan, sintaksis

Abstract

Proses pemerolehan bahasa setiap anak tidaklah seragam. Hal ini terlihat ada anak yang sangat aktif berbicara yang memiliki banyak pembendaharaan kata dan sebaliknya juga ada anak yang masih pasif pada usia tertentu yang mengakibatkan kurangnya kosakata yang diucapkan oleh anak. Salah satu akuisisi atau pemerolehan bahasa pada anak adalah sintaksis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa pemerolehan sintaksis yang dibagi menjadi dua tahap, yaitu  dua kata dan  tiga kata atau lebih. Data penelitian ini adalah kalimat yang diucapkan oleh Zahra yang berusia 2 tahun. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik rekam dan catat. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kalimat yang paling banyak ditemukan adalah kalimat imperatif  dibandingkan kalimat deklaratif maupun interogatif. Kalimat imperatif yang diucapkan oleh Zahra mengisyaratkan bahwa anak pada usia ini lebih banyak meminta kepada orang di sekitarnya. Kalimat imperatif yang dituturkan jenisnya beragam. Hal ini terlihat pada makna kalimat yang diucapkan berdasarkan konteksnya. Kalimat imperatif yang diucapkan bersifat meminta, mengajak dan memohon secara halus. Hal ini ditandai dengan penggunaan kata mau, ayo, tolong dan menyuruh secara langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lili Agustina, STKIP PGRI Banjarmasin

Noor Indah Wulandari, STKIP PGRI Banjarmasin

References

Chaer, A. (2015). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. (2005). Psikolingnuistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Obor Indonesia.
Djajasudarma, T. F. (2010). Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Refika Aditama.
Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, XVIII(1), 63–75.
Harras, K. A. dan B. A. D. (2009). Dasar-dasar Psikolinguistik. FPBS dan UPI Press.
Hutabarat, I. (2018). Pemerolehan Sintaksis Bahasa Indonesia Anak Usia Dua Tahun Dan Tiga Tahun Di Padang Bulan. Jurnal Dharma Agung, XXVI(1), 661–676.
Kesuma, T. M. J. (2007). Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa. Carasvatibooks.
Lastaria., dan Dwi, S.U. (2019). Kemampuan Anak Usia 3 Tahun Memperoleh Bunyi Vokal dan Konsonan dalam Bahasa Dayak Ngaju. Tunas, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 14–21.
M.Rafiek. (2010). Psikolinguistik: Kajian Bahasa Anak dan Gangguan Berbahasa. Universitas Negeri Malang (UM Press).
Muslich, M. (2010). Garis-Garis Besar Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia. Refika Aditama.
Putrayasa, I. B. (2010). Analisis Kalimat: Fungsi, Kategori dan Peran. Refika Aditama.
Setiawan, M Andi. 2015. Perancangan Motion Comic Edukasi Pencegahan Bullying Untuk Anak Sekolah Dasar. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Agustina, L., & Indah Wulandari, N. (2020). Pemerolehan Sintaksis Anak Usia 2 Tahun: Syntax Acquisition of Children Age 2 Years. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 22–29. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.2072