Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa

History Teacher's Perception Of The Existence Of The Balanga Museum Related To History Learning In Sma Negeri 4 Palangka Raya

Authors

  • Dina Mardiana Universitas Palangka Raya
  • R.M Teguh Supriyanto Universitas Negeri Semarang
  • Rahayu Pristiwati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519

Keywords:

Abad 21, Bahasa Indonesia, Kompetensi Guru Kelas, Metode Pengajaran Bahasa, Tantangan Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran abad-21 menyajikan banyak tantangan bagi kompetensi guru bahasa, tak terkecuali guru kelas yang juga mengajarkan bahasa untuk dapat mewujudkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang efektif di SD/MI. Kompetensi guru kelas di era digital pembelajaran abad-21 ini tak hanya dituntut untuk mampu mengaplikasikan pengetahuan teknologinya, tetapi juga mampu mengaplikasikan pengetahuan pedagogiknya dalam kelas yang diampunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan acuan pustaka kepada guru kelas dalam usahanya menguasai dan mengaplikasikan metode pengajaran bahasa pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD/MI sebagai upaya untuk memenuhi standar salah satu kompetensi pedagogik guru kelas dalam mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD/MI. Penelitian ini merupakan jenis studi pustaka (Library Research) yang dilaksanakan dengan menggunakan metode sembilan langkah dalam proses penelitian studi pustaka model Mary W. George. Hasil penelitian ini menyajikan secara deskriptif sepuluh metode utama pengajaran bahasa yang dikembangkan oleh Tarigan (2011) yang dapat dijadikan pustaka acuan bagi guru kelas untuk menguasai dan mengaplikasikan metode pengajaran bahasa dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD/MI sesuai dengan kelas yang diampunya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dina Mardiana, Universitas Palangka Raya

R.M Teguh Supriyanto, Universitas Negeri Semarang

Rahayu Pristiwati, Universitas Negeri Semarang

References

Brown, Douglas. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. California: San Fransisco State University.

Dikti. (2007). Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007: Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Diterbitkan kembali tahun 2017 oleh Kemendikbud.Jakarta: Kemendiknas.
Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301
Henderson, K. (2017). Teacher language ideologies mediating classroom-level language policy in the implementation of dual language bilingual education. Linguistics and Education Journal. Vol. 47. 21-33.
Hosoda, Y. (2014). Missing response after teacher question in primary school English as a foreign language classes. Linguistics and Education Journal. Vol. 28. 1-16.
http://kbi.kemdikbud.go.id/kbi_back/file/dokumen_makalah/dokumen_makalah_1540468786.pdf
http://staffnew.uny.ac.id/upload/132231576/pengabdian/ppm-permainan-bahasa.pdf Diunduh tanggal 24 September 2020.
https://doi.org/10.1016/j.linged.2014.08.002
https://doi.org/10.1016/j.linged.2017.08.003
https://doi.org/10.1016/j.linged.2019.06.004Get rights and content
https://id.scribd.com/document/467721831/Makalah-Prosiding-LPPM-UPR-2019
https://media.neliti.com/media/publications/79390-ID-isu-isu-kritis-dalam-pendidikan-mengenai.pdf
https://www.kompasiana.com/syarif1970/551b0499813311b37f9de2f9/pembelajaran-bahasa-indonesia-ke-mana-arahnya?page=3. Diunduh tanggal 24 September 2020.
https://www.researchgate.net/publication/326379824_Pembelajaran_Bahasa_Indonesia_dan_Sastra_BASASTRA_di_SD_dan_MI
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Artikel. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2, No. 1, Hal 81-98.
Listiyorini, A. (2018). Kondisi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Faktor-faktor Penyebab, dan Solusinya. Artikel. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogya.
Mardiana, D. (2019). Pelatihan Penggunaan Metode Pengajaran Bahasa dalam Perangkat RPP Tematik Terpadu Bagi Guru Kelas di SD Muhammadiyah Pahandut. Prosiding Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian “Pengelolaan Daerah Alairan Sungai dan Lahan Gambut Secara Berkelanjutan”. Palangkaraya. 18-19 Desember 2019.
Mendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016: Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:
Mendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018: Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Misyanto. Agung Riadin dan Dwi Sari Usop. 2019. Pelatihan Teknik Permainan Konsentrasi pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. PengabdianMu : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4:2(130-134).
Riadin, Agung, Muhammad Jailani dan Ummi Qudsiyah. 2020. Optimalisasi Kompetensi Dan Kinerja Guru Ekonomi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Berbasis ICT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). 4:6(1250-1261).
Ritonga, D.I. (2019). Isu-isu Kritis dalam Pendidikan Mengenai Kompetensi Dosen/ Guru pada Abad-21. Jurnal FBS Universitas Negeri Medan.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwandi, S. (2018). The Challenges to Realize the Effective Learning Of Indonesian Language and Literature In the Industrial Revolution Era 4.0. Makalah Ilmiah disampaikan dalam “Kongres Bahasa Indonesia XI Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan”, Jakarta, 28-31 Oktober.
Tarigan, H.G. (2009). Strategi Pengajaran dan Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. (2011). Pengajaran dan Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Tim PPG-SD Daljab. (2018). Modul 5: Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemristekdikti.
Tim PPG-SD Daljab. (2019). Modul Kompetensi Pedagogik: Program PPG-SD Daljab. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemristekdikti.
van Rijt, J.H.M, de Swart, P.J.F, Wijnands, A., dan Coppen, P.A. J.M. (2019). When students tackle grammatical problems: Exploring linguistic reasoning with linguistic metaconcepts in L1 grammar education. Linguistics and Education Journal. Vol. 52. 78-88.
Warren, A.N dan Lester, J.N. (2020). How teachers deliberate policy: Taking a stance on third grade reading legislation in online language teacher education. Linguistics and Education Journal. Vol. 57. https://doi.org/10.1016/j.linged.2020.100813
Yunus, S. (2012). Kemana Arah Pembelajaran Bahasa Indonesia? Artikel.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta, Indonesia: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2021-06-03

How to Cite

Mardiana, D., Teguh Supriyanto, R., & Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa: History Teacher’s Perception Of The Existence Of The Balanga Museum Related To History Learning In Sma Negeri 4 Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 1–18. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519