Penggunaan Metode Montessori Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Disabilitas

Using The Montessory Method To Develop The Cognitive Ability Of Children With Disabilities

  • Dwi Sari Usop Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rospala Hanisah Yukti Sari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Metode Montessori, Kemampuan Kognitif, Anak Disabilitas

Abstract

Penggunaan metode sangat diperlukan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak, khususnya anak disabilitas. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan, yakni metode Montessori, yakni metode yang mengoptimalkan stimulus indrawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis literatur. Mengkaji berbagai  literatur guna memperdalam ilmu mengenai ketajaman metode Montessori mengembangkan kemampuan anak disabilitas. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode Montessori efektif digunakan dalam pembelajaran bagi anak disabilitas bersama-sama dengan penggunaan terapi yang diberikan pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dwi Sari Usop, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Rospala Hanisah Yukti Sari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Cipta, D.A.S; Avianty, D; Kurniawati, A. (2019). Profil Berpikir Kritis Siswa Asperger pada Pembelajaran Bangun Datar dengan Metode Monressori. Jurnal Didaktik Matematika,6(2), 149-160.
Cipta, D.A.S; Avianty, D; Kurniawati, A. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa Penyintas Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified dalam Matematika Montessori. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5(2), 159-164.
Departemen Pendidikan Nasional. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta : PT. Gramedia
Fatchurahman M., Setiawan M.A., Karyanti K. 2021.The development of group healing storytelling model in multicultural counselling services in Indonesian schools: Examination of disciplinary cases. The Education and science journal. 23(4):157-180.
Gkeka, E.G. & Drigas, A.S. (2017). ICTs and Montessori for Learning Disabilities. iJES, 5(3), 77-84
Infodatin. (2019). Disabilitas dalam file:///C:/Users/Acer/Downloads/infodatin-disabilitas.pdf. Diakses 11 November 2020
Janah, Nuria Miftakul. (2020). Intervensi Kejelasan Berbicara Anak Tunagrahita melalui pemodelan berbasis Video. Inklusi : Journal of Disability Studies, 7(1), 1-20
Kirana, Alfisyhr dan Dewi Nurul Fitria Kumala. (2018). Penerapan Metode Montessori untuk Anak Down Syndrome. Ceria : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 50-55.
Marks, Laura. (2017). Playing to Learn: an overview of the Montessori Approach with pre-school children with Autism Spectrum Condition. Support for Learning, 3(4), 313-328.
Mellawaty dan Aisah, Lusi Siti. (2019). Integrasi Model Montessori pada siswa Tuna Grahita Ringan : Eksplorasi Desain, dan Implementasi dalam Materi Perkalian. MATHLINE : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 139-147
Novita, Naomi. (2020). Manfaat Metode Montessori dalam Terapi untuk Anak Autis dan Down Syndrom dalam https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4195338/manfaat-metode-montessori-dalam-terapi-untuk-anak-autis-dan-down-syndrome. Diakses 21 Agustus 2020
Ratner, F.L. & Efimova, V.L. (2016). Integrating the Educational Principles of Maria Montessori in the Procees of Pedagogical Support for Pupils with Learning Disabilities. International Review of Management and Marketing. 6(S3), 118-124
Reed, Stephen, K. (2011). Kognisi : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Penerbit Salemba Humanika
Riadin Agung dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) Di Kota Palangka Raya. Anterior Junal. 17(1):22-27.
Rosyendra, V.H.; Yuwono, E.C; Mardiono, B. (Tanpa Tahun). Perancangan Media Interaktif Pengenalan Area Publik untuk Anak-anak Penyandang Disabilitas Tunanetra Usia 4-6 tahun dalam https://media.neliti.com/media/publications/79336-ID-perancangan-media-interaktif-pengenalan.pdf. Diakses 22 Juli 2020.
Savitri, Ivy Maya. (2019). Montesori for Multiple Intelligences : Optimalkan Kecerdasan Anak dengan Montessori. Yogyakarta : Bentang Pustaka
Syafile, Inu Kencana. (2010). Pengantar Filsafat. Bandung. PT. Refika Aditama
Wulandari, Suci & Prasetyaningrum, Susanti. (2018). Media Stamp Game untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Slow Learner di Sekolah Dasar. Psympathic : Junal Ilmiah Psikologi, 5(2), 131-148
Zahira, Zahra. (2019). Islamic Montessori : Panduan Mendidik Anak dengan Metode Montessori dan Pendekatan Nilai-Nilai Islami (Montessori Activity for 0-3 Years Old). Jakarta : Anak Kita
Published
2021-06-03
How to Cite
Sari Usop, D., & Hanisah Yukti Sari, R. (2021). Penggunaan Metode Montessori Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Disabilitas. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 19-27. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2520