Manajemen Pembinaan Budaya Religius Siswa di SMA Muhammadiyah Katingan Tengah Kabupaten Katingan

Management of Student Religious Culture Development at SMA Muhammadiyah Katingan Tengah, Katingan Regency

  • Maryani Maryani SMA Muhammadiyah Katingan Tengah
Keywords: Manajemen, Pembinaan, Budaya Religius

Abstract

Manajemen pembinaan budaya religius siswa di SMA Muhammadiyah Katingan Tengah Kabupaten Katingan merupakan pengelolaan pembinaan kepada siswa dalam meningkatkan budaya religius di sekolah. Budaya religius merupakan pembiasaan nilai-nilai religiusitas siswa dalam aktivitas sehari-hari yang dapat memperbaiki sikap dan moralitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Manajemen pembinaan budaya religius siswa di SMA Muhammadiyah Katingan Tengah Kabupaten Katingan meliputi perencanaan budaya religius, pengorganisasian budaya religius, pelaksanaan budaya religius dan pengawasan budaya religius. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek  penelitian adalah 5 orang guru pembina dengan informan pendukung Kepala Sekolah, Orang tua Siswa dan Siswa Siswi SMA Muhammadiyah Katingan Tengah.Hasil penelitian menunjukan manajemen pembinaan budaya religius telsh berjalan secara efektif. Perencanaan dilakukan melibatkan seluruh komponen dari komite sekolah, yayasan, guru dan orang tua siswa. Perencanaan meliputi materi, ketenagaan(pembina) dan metode pembinaan budaya religius siswa. Pengorganisasian dilakukan dengan menetapkan sumber daya manusia seperti penanggung jawab (kepala sekolah, dan ketua tim), sedangkan   sebagai pelaksana adalah pembina/guru yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah. Pelaksanaan pembinaan budaya religius selama 1 tahun dengan materi sholat wajib dan sunnah, membaca Alquran, infaq, berbusana muslim, pesantren Ramadhan dan kultum (ceramah). Pengawas dilakukan dalam 2 (dua) kegiatan yaitu monitoring dan evaluasi, dengan melakukan pengawasan dari awal kegiatan hingga akhir. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah dan ketua tim sesuai dengan surat tugas yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maryani Maryani, SMA Muhammadiyah Katingan Tengah

References

Daryanto, Administrasi dan Manajemen Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Ancok, Djamaluddin, Psikologi Islam: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta: PustakaPelajar. 1995.
Dadang Kahmad, Sosiologi Agama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, KamusBesar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka. 1991.
Hasbullah, Otonomi Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006
Jailani, Muhammad dan Elly Warnisyah. 2018. Persepsi Dan Ekspetasi Pemangku Kepentingan Pada Peran Lulusan Studi Agama-Agama Dalam Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Di Kota Medan. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UINSU Medan.
Kholqillah, Ali Mas’ud, Serial Khutbah Jum‟at Pembangunan Berwawasan Kesalehan. Surabaya: Alpha, 2007
Mukhtar dan dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Referensi,
Riaidin, Agung dan Ade Sallahudin Permadi. 2019. Implementasi Pembelajaran PKN untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 14:1(18-28).
Surjanto, Teknik Pengumpulan Data, dalam Metodologi Penelitian Agama, pendekatan multidisipliner. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2006.
Syar’I, Ahmad, Aspirasi Pendidikan Anak suatu keharusan, Palangkaraya, K-Media, 2020.
Umi Kulsum, Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Paikem: Sebuah Paradigma Baru Pendidikan di Indonesia. Surabaya: Gena Pratama Pustaka, 2011.
Published
2021-06-03
How to Cite
Maryani, M. (2021). Manajemen Pembinaan Budaya Religius Siswa di SMA Muhammadiyah Katingan Tengah Kabupaten Katingan. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 49-56. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2523