Aktivitas Belajar Siswa Tema “Makanan Sehat” Melalui Pendekatan Saintifik Di Kelas V Sdn -5 Menteng Kota Palangka Raya

Students Learning Activities In The “Healthy Food” Theme Through A Scientific Approach In Class V Of Sdn 5 Menteng Palangka Raya

  • Sri Endang Mugi Rahayu Universitas Palangka Raya
  • Roso Sugiyanto Universitas Palangka Raya
  • Rianti Rianti SD 5 Menteng Palangka Raya
  • Lamiyang Lamiyang SD 5 Menteng Palangka Raya
Keywords: Aktifitas Siswa, Pendekatan Saintifik, Tema Makanan Sehat

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya  adalah dengan berusaha memahami siswa belajar dan bagaimana informasi yang diperoleh dapat diproses dan dapat bertahan lama dalam pikiran siswa, untuk itu perlu diupayakan penerapan iklim  belajar yang tepat. Dalam proses pembelajaran guru adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini disebabkan karena guru dari segi banyaknya maupun kualitasnya merupakan unsur yang secara langsung terlibat dalam kegiatan pendidikan. Guru dituntut untuk mampu mengembangkan diri dengan berbagai cara agar tujuan pembelajaran tercapai. Selama proses belajar mengajar berlangsung keaktifan siswa sangat kurang sekali dan terbatas. Hal ini menggambarkan belajar secara tradisional, dimana siswa hanya mendengar penjelasan dari guru sebagai satu-satunya sumber. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik meliputi: mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan Tema “Makanan Sehat” Melalui Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas V C SDN -5 Menteng Kota Palangka Raya dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Hasil penelitian aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I mendapat skor 2, 61 dengan kategori cukup baik sedangkan pada siklus II aktivitas siswa selama pembelajarn mengalami peningkatan menjadi 3,49 dengan kategori baik, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik sangat sesuai dan baik untuk digunakan dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Endang Mugi Rahayu, Universitas Palangka Raya
Roso Sugiyanto, Universitas Palangka Raya
Rianti Rianti, SD 5 Menteng Palangka Raya
Lamiyang Lamiyang, SD 5 Menteng Palangka Raya

References

Abin Syamsudin, (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Aqib, Z (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Koestiyah (2008). Strategi Belajar Mengajar Salah Satu Unsur Pelaksanaan Belajar Mengajar, Teknik Penyajian. Jakarta: Renika Cipta.
Mappa, Syamsu, (1994. Teori Orang Dewasa. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan. Dikti.
Mira dan Agung Riadin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Padapeserta Didik Kelas V Sds Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2:1(6-10).
Musfiqon & Nurdyansyah (2015) Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nirzamia Learning Center.
Sani. R A. (2017). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 13. Jakarta; Bumi Aksara.
Setiawan, M Andi dan Diplan Setiawan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas Dan Guru Bimbingan Konseling. Deepublish. 1:(67).
Sudarwan, Damin (2013) Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Gramedi.
Sudjana, Nana, (2006). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
Suharsimi Arikunto (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin, (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: Lo13). Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Gramedia.
Usman Uzeir. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel, (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta. Gramedia.
Published
2021-06-03
How to Cite
Endang Mugi Rahayu, S., Sugiyanto, R., Rianti, R., & Lamiyang, L. (2021). Aktivitas Belajar Siswa Tema “Makanan Sehat” Melalui Pendekatan Saintifik Di Kelas V Sdn -5 Menteng Kota Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 70-79. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2525