Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Padapeserta Didik Kelas V SDS Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015

Authors

  • Mira Mira Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Agung Riadin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.554

Keywords:

Hasil belajar, IPA, Pendekatan Saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik, (2) meningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan rancangan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDS Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 10 orang peserta didik, 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar klasikal.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDS Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dengan perolehan nilai dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dapat disimpulkan bahwa: Penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, ini dapat dilihat dari rata-rata pra tindakan = 52 rata-rata siklus I = 71 dan siklus II = 83,5 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mira Mira, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Agung Riadin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wahyudin,Din.,dkk. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: UniversitasTerbuka.

Downloads

Published

2016-12-13

How to Cite

Mira, M., & Riadin, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Padapeserta Didik Kelas V SDS Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 6–10. https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.554